Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Hasil Voting, Buntaran Melenggang jadi Wakil Bupati

Lumajang, Memo_Setelah mundur setengah jam dari jadwal yang telah ditentukan, akhirnya proses pemilihan wakil bupati (Pilwabup) berjalan aman dan lancar. Rabu (16/9), bertempat di gedung DPRD Kabupaten Lumajang yang dimulai pukul 09.30 WIB hingga pukul 10. 45 WIB. Setelah dilakukan voting terbuka, Buntaran Suprianto menang telak dibandingan Lutfi Irbawanto.
wakil bupati

Mengawali sambutannya, H. Agus Wicaksono Ketua DPRD sekaligus merangkap sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) dalam Pilwabup itu menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh undangan, sekaligus para anggota dewan yang akan memberikan suaranya dalam Pilwabup itu.

 “Dari lima puluh anggota dewan yang ada, yang hadir pagi ini sebanyak 49 orang. Berarti sudah kuorum,” jerlas Agus. Adapun satu anggota dewan yang tidak hadir kata dia, karena sedang menjalankan ibadah Haji. Ia berpesan kepada para calon, siapapun nanti yang terpilih, yang kalah harus legowo.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim Pansus, disepakati ada 2 nama calon yang masuk dalam bursa Pilwabup. Diantaranya, nomer urut 1 atas nama H. Lutfi Irbawanto dan nomer urut 2 atas nama Dr. Buntaran Supriyanto.  Selanjutnya, Wakil Ketua menawarkan proses pelaksanaannya dilakukan secara musyawatah untuk mufakat.

Setelah seluruh fraksi mengatakan setuju, namun  ada satu fraksi yang tidak setuju yaitu dari Fraksi PAN. Mereka meminta, agar voting itu dilakukan secara tertutup. Karena terjadi perbedaan pendapat, akhirnya ketua panitia meminta seluruh ketua fraksi untuk berkumpul dan musyawarah di salah satu ruangan guna memperoleh kesepakatan.

Setelah tertunda sekitar 20 menit, akhirnya seluruh ketua fraksi masuk kembali ke ruang sidang dan melanjutkan proses pemilihan itu. Hasilnya, disepakati pemilihan pagi itu dilakukan voting terbuka. Namun lagi-lagi, Fraksi PAN menolak dan meminta agar voting dilakukan secara tertutup.

Karena jumlah suara yang meminta agar pemilihan dilakukan dengan voting terbuka lebih besar, maka kami putuskan pelaksanaan pemilihan ini dilakukan secara voting terbuka,” tegas Agus Wicaksono. Dalam pelaksanaannya, Agus meminta, yang mendukung masing-masing calon ketika nama calonnya disebut untuk berdiri.

Hentikan Pungli Pasir!

Guna mempersingkat waktu, Agus lalu memulai acara pemilihan tesebut. Ketika Agus menyebut nomer urut 1 atas nama H. Lutfi Irbawanto, SH. hanya ada 3 anggota dewan yang berdiri yaitu dari fraksi PAN. Namun ketika Agus memanggil nomer urut 2 atas nama Dr. Buntaran Suprianto, ada 46 anggota dewan yang berdiri. ”Dalam voting kali ini, Pak Buntaran Menang telak atas Haji Lutfi. Yaitu 46 suara untuk Pak Buntaran, sedang Haji Lutfi mendapat 3 suara,” jelas ketua panitia.

Jadi jelas, hampir 90 persen dari suara anggota dewan yang ada, semuanya mendukung Dr. Buntaran Supriyanto untuk mendapingi Bupati Lumajang, As’at Malik masa bhakti 2015 sampai 2018 mendatang. Hari itu juga, terpilihnya Buntaran sebagai wakil bupati langsung ditetapkan dan disahkan oleh seluruh panitia.

Sebelum acara berakhir, Ketua DPRD berpesan, bahwasannya dalam pertarungan pasti ada kalah dan menang. Namun bagi yang kalah, jadikan kekalahan itu sebagai pelajaran dimassa mendatang. Sedangkan bagi yang menang, jangan sombong dan harus tetap rendah hati. “Semoga Pak Buntaran bisa menjalankan amanah yang kami berikan,” pesannya. (tri)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: