Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » Panen, Puluhan Herktar Tebu Hangus Terbakar

Lumajang, Memo_Ketika para pekerja sedang sibuk menebang tebu, tiba-tiba dikejutkan dengan kobaran api yang berasal dari pojok selatan lahan tersebut. Tak pelak, para pekerja penebang tebu tersebut langsung berhamburan untuk menyelamatkan diri. Atas musibah kebakaran itu, ditaksir para petani mengalami kerugian ratusan juta rupiah.
Lahan tebu terbakar

Kamis (15/10), siang, sekitar pukul 13.00 WIB di lahan tebu milik para petani di Dusun Karangpanas, Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir. Rohmat (48), salah satu penebang tebu mengatakan, pada saat ia bersama pekerja lain sedang asyik bekerja, tiba-tiba muncul hawa panas disertai kobaran api yang besar.

Spontan, puluhan pekerja itupun lari tunggang langgang untuk menyelamatkan diri masing-masing ke tepi lahan. Bukan hanya pekerja penebang tebu saja yang berlarian menyelamatkan diri. Beberapa truk yang sedang mengantri untuk memuat tebu, juga ikut menyelamatkan diri. “Kami langsung kabur untuk menyelamtkan diri Mas,” terangnya kepada Memo Timur pasca musibah kebakaran.

Tetang dari mana sumber api itu berasal, ia sendiri mengaku tidak tahu. Yang jelas kata dia, api itu tiba-tiba muncul dan berkobar dari sudut selatan lahan tersebut. Kondisi panas yang terik serta hembusan angin yang kencang, membuat api cepat menjalar ke lahan tebu yang ada di sekitarnya.

Kami tidak tahu pasti dari mana asal api itu Mas. Yang jelas, tiba-tiba ada api yang membakar lahan tebu itu,” jelasnya. Untuk luas lahan tebu yang terbakar, sekitar 30 Hektar yang semuanya milik para kelompok tani yang ada di wilayah Desa Sukorejo dan Desa Sukosari, Kecamatan Kunir.

ESDM Keluarkan 2 Syarat bagi Penambang Legal

Warga sekitar lokasi yang mengetahui ada kebakaran lahan tebu, langsung datang berhamburan ke lokasi guna memberikan bantuan. Tetapi karena minimnya alat serta tidak ada sumber air di sekitar lokasi, terpaksa puluhan warga tersebut hanya pasrah dan menjadi penonton saja.

Hanya dalam waktu kurang dari 3 jam, puluhan hektar lahan tebu itupun hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut. Tetapi, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. ”Kalau ditotal semuanya, kerugian yang dialami para petani mencapai ratusan juta rupiah,” pungkasnya. (tri)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: