Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Memo_Polda Jatim secara resmi telah menetapkan 31 tersangka dalam kasus pembunuhan Salim Kancil, warga Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian pada 26 September 2015 yang lalu. Keterangan ini disampaikan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombes Pol RP Argo Yuwono dalam Jumpa pers, Sabtu sore (10/10), pukul 18.00 WIB di Mapolda Jatim.
Kombes Pol RP Argo Yuwono

Menurutnya, dari 28 tersangka sudah ditahan di Mapolda Jatim. Sedang 1 tersangka tidak ditahan karena masih dibawah umur. Namun demikian, yang bersangkutan terus menjalani wajib lapor. Satu lagi tersangka sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Tersangka yang satu ini, tidak terlibat dalam aksi pembunuhan, tapi terlibat dalam penambangan pasir  alias Illegal miningnya,” tutur Kombes Pol R.P Argo Yuwono.

5 tersangka yang sebelumnya ditahan di Polres Lumajang, masing-masing bernama Suparman, Eko Aji, Rudi Mariyanto, Muh. Hamim dan Slamet Susilo, sudah dikirim ke Polda Jatim dengan diangkut mobil tahanan Kejaksaan Negeri Lumajang, mendapat pengawalan ketat dari kepolisian Polres Lumajang. Sebelum kelima tersangka dikirim ke Polda Jatim, para tahanan tersebut dilakukan pemeriksaan tentang kesehatannya di Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang.

Suparman ditetapkan sebagai penggerak alias provokator pada kasus pembunuhan Salim Kancil dan penganiayaan terhadap Tosan. Sedang 4 tersangka yang lain terlibat dalam kasus penambangan pasir Illegal miningnya itu,” ungkap Kombes Pol R.P Yuwono.
Pelaku penganiayaan terhadap korban Tosan yang kini masih dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang adalah Subandri, Slamet, Dodit, Edor, Siari dan Siaman. “Kondisi Tosan sudah membaik. Bahkan sudah bisa dimintai keterangan oleh penyidik Mas,” ungkapnya lagi.

Kepala Desa Selok Awar-Awar, Hariyono yang juga telah ditetapkan menjadi tersangka, dijerat pasal berlapis otak pembunuhan Salim Kancil, otak penganiayaan berat terhadap Tosan juga dijerat soal penambangan pasir secara Illegalnya.

Tim 12 Jalani Ritual Khusus Sebelum Tragedi Berdarah

Disinggung apakah semua berkas para tersangka kasus pembunuhan Salim Kancil dan penganiayaan Tosan serta penambangan pasir illegal tersebut sudah dikirim ke Kejaksaan, dengan tegas Kombes Pol R.P Argo Yuwono menyampaikan baru sebagian saja yang sudah dilimpahkan.

Masih satu berkas perkara yang sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Lumajang. Sedang yang lain masih dalam proses penyempurnaan. Kami pastikan dalam waktu cepat semuanya sudah dilimpahkan ke Kajari Lumajang,” pungkas Kombes Pol R.P Argo Yuwono dalam jumpa persnya di Mapolda Jatim. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: