Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Antisipasi Banjir, BPBD Segera Bangun Palut

Lumajang, Memo_Tidak lama lagi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang akan membangun palut sepanjang 600 meter di Wilayah Dusun Kapal Keruk dan Dusun Blimbing Desa/Kecamatan Rowokangkung, guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.
Purwanto


Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Purwanto saat dikonfirmasi Memo Timur, Rabu (17/2), mengatakan, pasca terjadinya genangan air di pemukiman warga Desa/ Kecamatan Rowokangkung, beberapa hari kemarin, pihaknya memperoleh bantuan dari pemerintah pusat melalui dana hibah Rehabilitasi Rekolusi (RR).

Berapa besaran dana yang diperoleh, untuk sementara tidak bisa menyebutkan. Jika hal itu dirasa penting oleh teman-teman media, langsung saja kepada pimpinan,” ungkap Sekdin BPBD Lumajang, Purwanto.

Setelah pihaknya melakukan peninjauan ke lapangan, bencana banjir Desa/ Kecamatan Rowokangkung itu terjadi, akibat jebolnya beberapa tanggul pengatur air yang ada di Desa Rowokangkung. Tingginya debit air membuat sungai Kapal Keruk tidak mampu menampungnya. Akibatnya, air sungai meluap ke pemukiman dan ke lahan pertanian milik warga.

Cabuli Muridnya, Guru SD Tempeh Masuk Jeruji

Berdasarkan hasil peninjauan ke lapangan, yang kemudian dilakukan pengkajian bersama pihak terkait, ternyata solusi mengatasi banjir atau luapan air sungai itu adalah BPBD segera membangun palut juga perbaikan tanggul yang jebol tersebut.

Jika tidak ada perubahan, pembangunan palut dan perbaikan tanggul air di Kapal Keruk dan Blimbing Desa/ Kecamatan Rowokangkung, akan dilaksanakan dalam tahun 2016. Bulan berapa, kami tidak tahu. Yang jelas segera akan dilakukan,” pungkas Purwanto. (cho)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: