Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » DPRD Jatim Minta Jalur Evakuasi Semeru Segera Diperbaiki

Lumajang, Memo_Angggota DPRD Jawa Timur, Thoriqul Haq meninjau langsung jalur evakuasi Gunung Semeru di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Senin (22/2). Ia menyayangkan jalur yang sangat penting tersebut mengalami kerusakan parah, banyak yang berlubang hingga jalan bebatuan saja.
jalur semeru


Setelah mengetahui kondisi ini, ia akan meminta kepada pemerintah kabupaten dan propinsi untuk sesegera mungkin melakukan perbaikan. Pasalnya, jalur evakuasi dibutuhkan sewaktu-waktu tanpa bisa diprediksi kapan datangnya bencana.

"Sangat disayangkan jalan yang sangat penting, apalagi jalur evakuasi mengalami kerusakan, karena kita tidak tahu kapan terjadi atau bisa diprediksi,” jelas Thoriq.

Kondisi jalan seperti itu, kata Thoriq bukan malah memperlancar evakuasi ketika ada bencana, namun justru malah menghambat proses evakuasi nantinya. Karena mayoritas warga di sana sudah memiliki kendaraan motor, sehingga akan kesulitan jika melintasinya.

Sulap Charger HP Jadi Lampu Hemat Energi

Masyarakat yang akan dievakuasi rata-rata memiliki motor, ini tentu bukan memperlancar, malah memperlambat dan jadi masalah. Seumpama mereka banyak yang jatuh tambah jadi masalah,” terangnya.

Menurutnya, sudah ada banyak anggaran di pemerintah kabupaten atau propinsi yang dikhususkan untuk anggaran dana bencana. Dana tersebut sifatnya fleksibel, karena bisa sewaktu-waktu dicairkan untuk kebutuhan kebencanaan.

Banyak anggaran di kabupaten atau propinsi, nanti saya cek dana bencana, karena dana bencana sewaktu-waktu bisa dikeluarkan,” ujarnya.

Thoriq berharap perbaikan dan pembangunan jalur evakuasi bisa segera dilaksanakan, karena hal ini memiliki manfaat yang besar, terutama pada masyarakat di sekitar kaki gunung semeru. Ia juga menilai banyaknya orang tua yang tinggal di sana bisa menjadi alasan untuk segera dilakukan pembangunan dan perbaikan.

 “Besar manfaat pembanguann dan perbaikan nantinya, karena merupakan hal-hal yang sangat mendesak. Masyarakat akan merasakan manfaat jalur ini,” paparnya.

Senada dengan Thoriul Haq, Tokoh Masyarakat Desa Oro-oro Ombo, Matasan mengatakan, rusaknya jalur evakuasi bakal membuat evakuasi nantinya mengalami kesulitan. “Jalur evakuasi yang rusak bisa menghambat perjalanan,” ujarnya.

Matasan mengatakan, jalur evakuasi di Kecamatan Pronojiwo yang mengalami kerusakan berada di 3 Desa, yakni Sumberurip, Oro-oro Ombo, dan Supit Urang. Sementara pos pengaman bencana berada di 3 kilometer dari kaki gunung semeru.

Di kesempatan lain, Bupati Lumajang As’at Malik juga pernah menyampaikan jika akan segera melakukan perbaikan jalur semeru. Selain jalur yang rusak, sejumlah sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan untuk antisipasi serta penanggulangan bencana mengalami kerusakan.  Seperti halnya sirine banjir, yang sudah tidak lagi berfungsi. (cw)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: