Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Memo_Puluhan sopir di lingkup pemerintahan menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), baik secara materi maupun teknis yang digelar oleh Kantor Diklat Lumajang. Ada 91 sopir yang dibagi dalam dua angkatan, kini angakatan kedua masih menjalani diklat. Selain dari sopir di lingkup pemerintahan, juga ada sopir operasional ambulan rumah sakit.


Kepala Kantor Diklat, Nurwachid Ali Yusro mengatakan, maksud dan tujuan diadakan diklat sopir ini adalah untuk membekali mereka keterampilan, pengetahuan, maupun sikap dalam bekerja. Selain itu diharap mereka lebih bertanggungjawab, terutama dalam keselamatan.

Ketika mereka menjalankan tugas di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) masing-masing harus memberikan pelayanan yang terbaik dan tanggungjawab keselamatan, untuk itu diberikan pengetahuan,” papar Nurwacchid ketika di temui di Kantor Pemkab Lumajang, Senin (22/2).

Lapangan Desa Kebonsari jadi Ajang Mesum

Para pemateri diklat ini, diisi langsung oleh Bupati Lumajang, As’at Malik dan Wakil Bupati, Buntaran, serta sejumlah pejabat pemkab lain termasuk Sekretaris Daerah juga Asisten. Sedangkan untuk teknis di lapangan dilatih oleh anggota Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Lumajang dan Dinas Perhubungan Lumajang.

Untuk teknisnya, mereka dibekali keselamatan  berlalulintas, undang-undang lalu lintas, serta  smart dan safety driving,” terang Nurwachid.

Diadakannya diklat sopir ini sendiri atas inisiatif pemerintah daerah tanpa ada himbauan dari pemerintah pusat. Pasalnya, Nurwachid menjelaskan, digelarnya diklat karena berdasarkan analisa kebutuhan pemerintahaan daerah. “Diklat tentu berdasarkan analisa kebutuhan pemerintah, teknis dan fungsi sebagai acuannya,” ujarnya.

Waktu diklat dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu, dengan harapan tidak menganggu jam kerja para sopir di pemerintahan. Di akhir pelatihan, para sopir juga menjalani kegiatan outbond di lapangan untuk melatih kecerdasan dan ketangkasan. Sejumlah permainan disiapkan  oleh panitia untuk ditaklukan oleh peserta. (cw)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: