Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Teknologi TPA Sanitary Landfill Siap Operasi

Lumajang, Memo_Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dilengkapi dengan teknologi terbaru seluas 7 Hektare yang terletak di Dusun Kalipancing, Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh, sudah selesai dibangun. Rencananya dioperasikan pada bulan April 2016 mendatang.
Nurul Huda


Di dasar TPA ini terdapat membran yang menampung cairan limbah dari sampah alam, yang kemudian dimanfaatkan, karena sampah yang berada di TPA lama-lama akan mengeluarkan cairan limbah. Dengan menggunakan instalasi pengelolahan limbah, kemudian gas dari limbah tersebut dimanfaatkan menjadi biogas. Selain itu, di sebelah TPA juga terdapat alat pengelolahan limbah tinja.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Nurul Huda mengatakan, kawasan TPA ini juga bakal dijadikan sebagai sentra pengelolahan limbah yang bisa bermanfaat bagi semua masyarakat Lumajang sebagai sarana edukasi, rekereasi, dan konservasi. Masyarakat yang datang ke sana akan mengetahui bagaimana cara memanfaatkan sampah menjadi pupuk, serta pelatihan perkebunan dan pembibitan.

Dengan teknologi terbaru, Nurul mengatakan, sampah di TPA Kali Pancing tidak akan berbau dan tidak akan menimbukan lalat. “TPA di Kali Pancing berbeda, sebelumnya TPA identik kontor dan berbau, dengan teknologi terbaru, TPA di Kali Pancing tidak akan berbau dan tidak akan menimbukan lalat,” jelasnya, Jum’at (19/2).

Untuk TPA lama yang berada di Desa Lempeni, Kecamatan Tempeh akan dihentikan pengoperasiannya karena TPA sudah penuh dan tidak cukup lagi menampung sampah di Lumajang. Semua armada yang membawa sampah selanjutnya akan langsung dialihkan ke TPA Kali Pancing. “Di TPA lama, setiap hari bisa sampai 40-50 armada sampah yang datang. Kondisinya sudah tidak kondusif,” kata Nurul.

Pembangunan TPA ini, kata Nurul merupakan saran pemerintah, dimana TPA sudah harus dilengkapi dengan teknologi terbaru. Ia mengkalaim, TPA di Kali Pancing bukan sekadar TPA untuk sampah, karena juga dirancang seperti taman. “Jadi istilah Tempat Pembuangan Akhir akan kita ganti dengan Taman Pengelolaan Akhir,” terangnya.

Bawa Kabur Istri Orang, Tasrip Tewas Dibacok

Dalam pembangunan TPA ini sendiri juga dibantu dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum. Nurul berharap dengan adanya TPA ini bisa menjadi potensi wisata baru di Lumajang. “Jadi orang yang datang ke Lumajang, juga perlu melihat TPA baru ini,” pungkasnya. (cw)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: