Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

Lumajang, Memo Timur_Sejumlah baliho iklan dengan izin yang sudah kadaluarsa masih terpasang di beberapa titik di pinggir jalan. Seperti yang terlihat di Jl. Suwandak, ada sejumlah baliho iklan dari sebuah toko yang tercatat izinnya sudah melebihi masa berlaku yang dikeluarkan oleh KPT (Kantor Perizinan Terpadu) Lumajang. Tak hanya di Jl. Suwandak, baliho iklan serupa juga nampak terlihat di Jl. Kyai Ilyas dan Jl. Soekarno Hatta.
Doni Fimbrianto


Kepala KPT Lumajang, Doni Fimbrianto saat dikonfirmasi mengatakan, untuk penertiban baliho yang sudah kadaluarsa izinnya merupakan wewenang Satpol PP. Pihaknya hanya bertugas menerbitkan izin pemasangan sesuai dengan aturan yang sudah berlaku.

Doni mengatakan, biasanya pihak dari pemohon izin dengan kesadaran diri akan mencopot baliho yang sudah dipasangnya ketika masa berlaku izin sudah habis. Namun jika baliho masih terpasang, Satpol PP yang akan memberikan peringatan pada pihak yang bersangkutan untuk segera mencopot baliho.

Satpol PP akan memberikan peringatan, biasanya ada peringatan kesatu, kedua, dan ketiga. Kalau masih tidak dicopot, Satpol PP dengan paksa membongkar,” kata Doni saat dihubungi Memo Timur, Kamis (7/4).

Sebelum masa berlaku izin habis, Doni mengatakan, pihak pemohon izin sebenarnya masih bisa memperpanjang izin dengan membayar retribusi lagi. Doni menambahkan, sesuai dengan Perbub 36 Tahun 2016, ada sejumlah wilayah yang tidak boleh dipasangi baliho iklan seperti di jalan protokol dan alun-alun tidak boleh ada baliho iklan.


Sementara Kepala Satpol PP Lumajang, Basuni saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan operasi untuk menertibkan baliho yang tidak berizin ataupun yang sudah kadaluarsa izinnya. Ia sudah mengerahkan sejumlah anggotanya untuk memulai melakukan operasi di beberapa wilayah di Lumajang.

Perampok Gagal Kuras Harta Juragan Sapi

Kita sudah mulai melakukan operasi baliho yang tidak berizin maupun yang sudah melebih masa berlaku di wilayah Senduro hari ini,” kata Basuni saat dihubungi Memo Timur.

Jika ada kedapatan baliho yang melanggar, pihaknya akan mencopot paksa dan membawanya ke Kantor Satpol PP. “Nantinya pihak yang bersangkutan bisa mengambil ke Kantor Satpol PP dan mebuat surat pernyataan,” terang Basuni. (cw)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: