Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » Normalisasi Kali Asem Terkendala Cuaca dan Angkutan

Lumajang, Memo Timur_Kondisi lumpur yang mulai menebal serta banyaknya tanaman liar yang tumbuh di gundukan tanah di tengah bantaran sungai Asem, membuat petugas pengairan Propinsi Jawa Timur melakukan normalisasi dengan cara melakukan pengerukan dan pembersihan. Hal itu dilakukan, agar debit air yang datang pada musim hujan seperti sekarang bisa mengalir dengan lancar.


Normalisasi atau pengerukan itu dilakukan pada DAM yang berlokasi di bawah jembatan Gambiran, Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Kota Lumajang. Meski demikian, pengerjaan normalisasi itu tidak berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal itu disebabkan, karena terkendala musim hujan yang turun secara tiba-tiba serta minimnya angkutan yang tersedia.

Hal itu yang dijelaskan oleh Cahyo (40), selaku staf Perencanaan pada Kantor Pengairan Propinsi Jawa Timur di sela-sela kesibukannya. Menurutnya, kerukan tanah itu selanjutnya akan dibawa ke rawa umbul yang ada di Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang. “Tanah hasil pengerukan itu akan diangkut ke umbul untuk menguruk rawa di sana,” jelasnya kepada Memo Timur, Jumat (15/4), siang.

AKBP Fadly Munzir Ismail, Kapolres Lumajang Mendadak Dicopot

Cuaca yang tidak menentu serta minimnya angkutan yang dimiliki, sangat berdampak sekali terhadap kelancaran pengerjaan normalisasi sungai itu. Padahal sudah hampir 2 minggu, namun hanya beberapa gundukan tanah saja yang berhasil diangkut. “Sudah dipastikan normalisasi ini akan molor dari jadwal yang telah ditentukan Pak,” terangnya.

Senada, juga dilontarkan oleh Indra (42), selaku pengawas dalam pengerjaan normalisasi sungai itu. Menurutnya, jadwal atau rencana pengerjaan normalisasi kali Asem itu akan berlangsung selama 80 hari. Namun mengingat banyaknya kendala yang terjadi di lapangan, dipastikan pengerjaannya akan molor. ”Agar pengerjaannya tidak memakan waktu lama, rencananya kami akan menambah jumlah armada,” pungkasnya. (tri)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: