Ad

Memo Timur Lumajang
27 May 2016

1 dari 4 Pelaku Curas, Ditembak Kakinya

Posted by on 27 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Lumajang, berhasil menggulung 4 dari 7 pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang kerap beraksi di wilayah Lumajang selatan seperti Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Kunir, sejak awal tahun 2016 kemarin.
Ipda H. Gatot Budi Hartono


4 pelaku yang ditangkap masing-masing bernama Agus Purnomo (35), warga Dusun Ampelgading, Desa Jatimulyo, Kecamatan Kunir, Mustholib alias Kholik (37), warga Dusun Timur Persil, Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian, Selamet (31), dan Muhamad Yusuf (32), diketahui sebagai warga Dusun Tunjungan, Desa Pandawangi, Kecamatan Tempeh.

Agus Purnomo terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas pada salah satu kakinya, kerena berusaha menyerang anggota dengan senjata tajam, saat hendak ditangkap. Pihaknya tidak punya pilihan, kecuali harus dilumpuhkan dengan timah panas.

Sugeng Sutrisno yang diduga sebagai penadah barang curian para pelaku ini, masih dalam proses pemeriksaan. Jika terbukti, pasti kami tahan juga Mas,” tutur Kanit Pidana Umum Sat Reskrim Polres Lumajang, Ipda Agus Sugiharto, SH didampingi Kasubag Humas, Ipda H. Gatot Budi Hartono dalam press release, Kamis (26/5), sekitar pukul 14.00 WIB.

Tertangkapnya 4 anggota komplotan pencurian dengan kekerasan ini, berawal dari aksi pencurian di rumah Dullatip, warga Desa Selok Awa-Awar, Kecamatan Pasirian, yang terjadi pada 7 Februari 2016 yang lalu.

Setelah dilakukan penyelidikan secara intensif, pihaknya mendapat informasi apabila salah satu barang milik korban berupa HP merk Samsung Galaxy warna putih, dijual oleh pelaku ke salah satu counter yang ada di wilayah Kecamatan Pasirian. “HP itu berhasil kami amankan, untuk dijadikan sebagai Barang Bukti (BB),” ujarnya.

Aksi Carok Dipicu Saling Tatap Pandangan

Guna mengungkap komplotan pelaku Curas itu, pihaknya langsung memintai keterangan terhadap pemilik counter, diperoleh keterangan jika yang menjual HP tersebut adalah Muhamad Yusuf.

Berangkat dari keterangan itulah, pihaknya langsung bergerak cepat mencari keberadaan pelaku, dan berhasil ditangkap, kemudian diangkut menuju ke Mapolres Lumajang. Dalam perjalanan, dia menyebut 6 rekannya karena terlibat dalam aksi pencurian itu, diantaranya Agus Purnomo, Mustolib, Selamet, Bahul, Nuri dan Kosim.

Mendengar pengakuan Muhamad Yusuf, pihaknya balik kanan terus mencari keberadaan ke 6 pelaku. Tapi, yang berhasil ditangkap kemarin malam itu hanya 4 pelaku, Agus Purnomo, Mustholib, Selamet dan Muhammad Yusuf. Sedang Nuri, Kosim dan Bahul berhasil melarikan diri dari kejaran petugas.

Ketiga pelaku itu masih dalam pengejaran anggota. Ketiganya sudah kami jadikan sebagai DPO Polres Lumajang,” ungkapnya.

Dalam proses pemeriksaan yang dilakukan penyidik terhadap ke 4 pelaku, diperoleh keterangan jika sebelumnya pernah melakukan aksi yang sama TKP di rumah H. Usman, warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, di rumah Busar, warga Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir dan rumah Fathurozi, warga Desa Sewlok Awa-Awar.


Masih kata Agus, komplotan pelaku ini masuk ke dalam rumah korban, rata-rata merusak jendela. Setelah berhasil, pelaku masuk ke dalam kemudian menguras harta bendanya. Namun, terlebih dahulu korban bersama anak istrinya diikat dengan tali.

Barang Bukti yang diamankan Sat Reskrim Polres Lumajang saat ini, berupa 2 buah celurit lengkap dengan kerangkanya, 1 buah HP merk Samsung Galaxy, 1 buah sarung pedang, 1 unit sepeda motor tanpa plat nopol terpasang yang disita dari Sakur, warga Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso.

Kasus ini masih terus kami kembangkan guna mengungkap TKP yang lain. Khusus untuk pemilik counter, masih dalam proses pemeriksaan. Jika terbukti, pasti kami tahan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegas Ipda Agus Sugiharto.(cho)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top