500 Jabatan Perangakat Desa Masih KosongMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
23 Mei 2016

500 Jabatan Perangakat Desa Masih Kosong

Posted by on 23 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Ratusan jabatan perangkat desa se-Kabupaten Lumajang mengalami kekosongan. Bupati Lumajang, Drs. H. As'at Malik M.Ag menyebutkan, sedikitnya ada 500 jabatan perangakat desa yang belum terisi.


"Ada 500 perangkat desa yang masih kosong," ujar bupati dalam pembukaan kegiatan Tilik Desa Kalipenggung, Kecamatan Randuagung beberapa waktu lalu.

Kekosongan ini, kata bupati, diantaranya disebabkan pemerintahan di desa yang belum berjalan dengan baik. Terlebih untuk desa yang masih dalam masa peralihan kepala desa lama ke kepala desa baru.

Selingkuhi Istri Orang, Guru SD Digerebek Warga

Kekosongan sejumlah jabatan di desa, tegas bupati, menyebakan sistem pemerintahan di desa bisa terkendala. Bupati berharap secepatnya dilakukan pengisian terhadap jabatan perangkat desa yang masih kosong.

Terlebih untuk posisi sekretaris desa, jika diabiarkan lama kosong, bisa membebani pekerjaan kepala desa. "Secepatnya diisi, agar pekerjaan kepala desa lebih ringan," ungkapnya.

Untuk mendukung pemerintahan desa, saat ini regulasi telah dibuat dalam Peraturan Daerah (Perda) Pemerintahan Desa. Raperda sudah disetujui dan masuk tahap akhir, tinggal disahkan menjadi Perda.

Perda Pemerintahan Desa dibuat kata bupati, untuk mengatasi kesimpangsiuran aturan di tataran pemerintah desa. Misalnya terkait masa jabatan perangkat desa, Tanah Kas desa (TKD), dan juga termasuk APBdes.

Saat batas masa jabatan perangkat desa juga masih belum jelas hingga umur berapa, mangkanya kita atur dalam Perda,” pungkas bupati. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top