55% Warga Jatiroto Tempati Lahan HGU PTPN XIMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
7 Mei 2016

55% Warga Jatiroto Tempati Lahan HGU PTPN XI

Posted by on 7 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Kepala Desa/Kecamatan Jatiroto, Nujun mengatakan, saat ini sekitar 55 persen warga di Kecamatan Jatiroto, menempati lahan Hak Guna Usaha (HGU) Pabrik Gula Jatiroto PT Perkebunan Nusantara XI. Saat ini penduduk Kecamatan Jatiroto total ada 50 ribu lebih, sebagian besar warga di sana berprofesi sebagai petani tebu.
dr. H. Buntaran Supriyanto, M.Kes


Nujun menegaskan, menempati lahan HGU sangat tidak menguntungkan warga setempat, terutama warga miskin. Pasalnya dengan status tersebut, mereka tidak bisa menerima bantuan bedah rumah atau bantuan lain yang bersifat infrastruktur.

"Ketika akan membangun harus ada rekomendasi dari Direksi PTPN XI terlebih dulu. Itu yang membuat sulit," kata Nujum menyampaikan langsung pada Bupati Lumajang, Drs. H. As`at Malik, M.ag, di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, dalam acara Tilik Desa, Selasa (3/5).

6 OTD Datangi Zaenul, Korban Tewas Dibantai

Nujum menambahkan, kesulitan lainnya adalah ketika pemerintah daerah hendak membangun atau memperbaiki akses jalan di sana juga tidak bisa. Untuk itu, ia berharap Bupati dan DPRD menempuh upaya agar pembangunan di Jatiroto tidak ada hambatan.

Terutama hak masyarakat miskin untuk mendapatkan program bedah rumah dan bantuan lain seperti masyarakat di wilayah kecamatan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Jatiroto, Indra Lesmana mengakui kondisi tersebut. Ia mengatakan, sebelumnya pernah akan dilakukan pelaksanaan bantuan Pokagun, perbaikan jalan, namun karena rekomendasi dari pihak Direksi PTPN XI tidak turun, akhirnya tidak bisa dikerjakan.


Indra menambahkan, ia pernah membahas masalah tersebut dengan Wakil Bupati, dr. H. Buntaran Supriyanto, M.Kes dan para Asisten. Hasilnya, akan ditindaklanjuti terlebih dulu dengan membuat MoU bersama Direksi PTPN XI di Surabaya.

"Jika ada Mou, Kecamatan tinggal meneruskan dengan Administratur PG Djatiroto. Kalau sudah ada, jika mau bangun taman, bantuan gakin dan perbaikan infrasturktur jalan, akan lebih mudah," katanya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top