Ad

Memo Timur Lumajang
25 May 2016

ADD Sukseskan Program KB

Posted by on 25 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Alokasi Dana Desa (ADD) yang digelontorkan di tiap-tiap desa, sebagian diwajibkan untuk anggaran program KB di tingkat Desa. Hingga tahun 2016 besaran anggaran terus ditingkatkan demi tersukseskan program KB di tingkat desa.


Mamik Parasetyo, Distrik Walking Group Kabupaten Lumajang, salah satu lembaga untuk pendampingan program KB mengatakan, cakupan KB di tahun ini dinilai maksimal. Ini dikarenakan adanya dukungan ADD yang diperuntukan untuk program KB di desa.

Mamik menjelasakan, di tahun 2016 tiap desa mendapat anggaran 5 juta per bulan untuk program KB. Nilai ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 1,5 juta perbulannya. Sehingga untuk 2016, total dana keseluruhan di Lumajang, ADD untuk program KB di tingkat desa mencapai 995 juta.

Kalau di tahun 2015, total hanya 300 juta ADD untuk program KB, sekarang naik menjadi 995 juta,” jelas Mamik usai acara Pertemuan Final Review Tim KB Kecamatan dan Tim KB Desa di Kabupaten Lumajang, Selasa (24/5).

Usulkan Satpol PP Miliki Tim Khusus Analisa Perda

Mamik menekankan, peran serta pemerintah dalam mendukung Program KB memang sangat dibutuhkan. Sehingga program KB bisa terlaksana dengan baik, utamanya dari tingkat desa. Karena jika di tingkat desa sudah tergarap baik, selanjutnya di tingkat kecamatan dan kabupaten akan mengikuti.

Perubahan capaian KB di tahun 2016, kata Mamik sangat luar biasa. Sejumlah desa di Lumajang, menjadi percontohan desa KB karena tim KB di desa tersebut dianggap belerja maksimal. Diantaranya di Desa Tegal Basri, Kecamatan Ranuyoso, Desan Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Desa Wonokerto, Kecamatan Gucialit, dan Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun.


Ada perubahan yang luar biasa, dan kita membuat desa percontohan karena Tim KB di situ yang bekerja dengan baik,” jelasnya.

Kabid KB BKKBN Lumajang, Lubna Azizah, sebagai upaya untuk mensukseskan program KB di Lumajang, telah dicanangkan Kampung KB di Lumajang. Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono menjadi satu-satunya Kampung KB di Lumajang.

Nantinya selain Selokgondang, di tiap kecamatan juga akan ada 1 desa yang menjadi Kampung KB. “Ini merupakan program dari pemerintah pusat, minimal satu kabupaten ada 1 desa menjadi kampung KB,” ucap Lubna. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top