Akses Jalan Menuju Ranupani Rusak ParahMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
7 Mei 2016

Akses Jalan Menuju Ranupani Rusak Parah

Posted by on 7 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Puluhan kilometer sepanjang jalan menuju Desa Ranupani Kecamatan Senduro mengalami kerusakan. Dari pantauan Memo Timur, banyak ditemui jalanan berlubang dan terkelupas. Bahkan ketika sudah memasuki area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), mulai banyak ditemukan kerusakan parah.


Kondisi seperti ini sudah terjadi bertahun-tahun lamanya. Sempat ada wacana perbaikan, namun hingga kini tidak ada tanda-tanda perbaikan. Hal ini disayangkan masyarakat setempat dan wisatawan, karena mengganggu perjalanan, ditampah ini merupakan akses utama sekaligus akses wisata. Jalan ini merupakan akses satu-satunya dari Lumajang untuk menuju ke Ranupani dan Semeru.

Terlihat pengendara roda dua atau roda empat terus berhati-hati melewati sepanjang jalan tersebut. Ditambah ruas jalan yang sempit, roda empat yang hendak bersalipan harus memelankan laju kendaraannya.

Menanggapi hal ini, Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik berjanji segera melakukan perbaikan. Di tahun 2016 ini, dipastikan pembangunan akan dilakukan. Hal ini dilakukan mengingat kerusakan yang terjadi sudah cukup parah.

Warga Geger Temukan Jenazah Bayi

Bupati sendiri ketika berkunjung ke Ranupani pekan lalu juga sudah merasakan dampak kerusakan. Ia mengatakan, untuk perbaikan jalan menuju Ranupani sudah dianggarkan dan akan segera dikerjakan.

Akan segera diperbaiki. Agar semakin baik aksesnya dan banyak wisatawan yang berkunjung ke sini,” ujar bupati.

Kondisi jalan menuju Desa Ranupani berbeda dengan akses jalanan Kecamatan Tumpang, Malang yang relative lebih baik kondisinya. Sehingga, wisatawan pendaki pun banyak yang berdatangan ke Semeru melalui jalur Malang dibandingkan dari Lumajang.


Bupati Lumajang berjanji akan mempercepat perbaikannya. Apalagi, saat ini wisata di kawasan Bromo Tengger Semeru yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata favorit di Indonesia tengah digarap untuk menarik kedatangan pengunjung oleh Kementerian Pariwisata RI. “Akan dilakukan secepatnya,” pungkasnya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top