Ad

Memo Timur Lumajang
28 May 2016

Antisipasi Kebakaran, Tim Damkar Setiap SKPD Dibentuk

Posted by on 28 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Lumajang, Tim Pemadaman Kebakaran dibentuk di masing-masing SKPD. Perwakilan dari masing-masing SKPD telah mendapatkan pelatihan dan pendidikan.
Nurwachid Ali Yusro


Pada penutupan diklat, para peserta mempraktekkan langsung tindakan dan penanganan ketika terjadi kebakaran. Simulasi digelar di Lapanagan Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dan tim berupaya melakukan tindakan pemadaman dengan peralatan lengkap.

Kepala Kantor Diklat Lumajang, Nurwachid Ali Yusro menyampaikan, peserta telah dibekali dengan kompetensi dalam penanganan pemadam kebakaran. Harapannya petugas pemadam kebakaran dapat memberikan kontribusi nyata pada penanganan kebakaran di SKPD.

"Petugas pemadam kebakaran di lingkup pemerintah nantinya juga dapat menyelenggarakan pelayanan publik secara optimal melalui implementasi penanganan bencana kebakaran," kata Nurwachid pada Memo Timur, Jum’at (27/5).

Impor Sapi untuk Tekan Harga Daging

Materi yang sudah didapat, kata Wachid meliputi teknik penanggulangan dan pencegahan kebakaran bagi SKPD serta pelatihan penggunaan dan perawatan alat pemadam api ringan. Pemateri didatangkan langsung dari Kantor Diklat Pemadam Kebakaran Surabaya serta narasumber dari instansi terkait.

Bupati Lumajang, As’at Malik mengatakan, peserta pelatihan bisa menerapkan secara maksimal di SKPD masing-masing. Bagaimanapun juga, penanganan pertama kali kebakaran sangat dibutuhkan dan butuh kemampuan khusus agar api bisa segera diredam dan tidak membesar.


Karena dalam aktifitas sehari-hari, lanjut Bupati, manusia melakukan aktifitas membutuhkan api. Tapi dalam kondisi tertentu juga merupakan suatu ancaman yang dapat memusnahkan maupun merengut nyawa manusia.

"Untuk mengendalikan api, manusia perlu memahami perilaku api dengan baik dalam penanggulangannya," ujar bupati.

Bupati menegaskan, setiap kejadian kebakaran harus ditanggulangi dengan secepat dan setepat mungkin, baik oleh penghuni bangunan maupun oleh petugas yang sudah ditunjuk. Hal ini tentunya sudah dengan dukungan peralatan khusus yang sudah memadai.

"Kebakaran dapat diatasi secepatnya apabila dapat diketahui sedini mungkin. Karena adanya keterbatasan juga dibutuhkan alat atau sistem tanda bahaya kebakaran," pungkas bupati. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top