Buka, Baca, Dunia Akan TerbukaMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
20 Mei 2016

Buka, Baca, Dunia Akan Terbuka

Posted by on 20 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Perpustakaan Daerah (Perpusda) Lumajang mendapat bantuan 30 unit komputer untuk disalurkan pada Perpustakaan Desa (Perpusdes). Bantuan didapat dari Program PerpuSeru (Perpustakaan Seru) dari salah satu perusahaan minuman terkenal.


Komputer ini akan dibagikan kepada 10 Perpusdes di Lumajang, masing-masing akan mendapatkan 3 unit. Bantuan kali merupakan kedua kalinya, dimana bantuan serupa pernah didapat di tahun 2015 dan disalurkan di 8 Perpusdes.

Untuk tahun 2016, 10 Perpusdes yang akan menerima bantuan adalah Desa Kebon Agung Kecamatan Sukodono, Desa Sumberjo Kecamatan Sukodono, Desa Sukosari Kecamatan Kunir, Desa Besuk Kecamatan Tempeh, Desa Sidorejo Kecamatan Rowokanglung, Desa Gedangmas Kecamatan Randuagung, Desa Kandangtempus, Kecamatan Senduro, Desa Kebonsari Kecamatan Sumbersuko, Desa Tekung Kecamatan Tekung, dan Desa Kaliboto Lor Kecamatan Jatoroto.

Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik berharap, melaui bantuan ini Perpusdes bisa lebih berkembang. Bantuan komputer yang diterima bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kemajuan perpustakaan.

Pemuda Karanganom Tewas Dikeroyok

Ia mengatakan, keberadaan perpustakaan sangatlah penting untuk masyarakat. Karena dengan membaca, maka informasi dan pengetahuan bisa didapat. Ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini, infornmasi mudah didapat, sehingga membaca informasi dan pengetahuan lebih mudah didapatkan.

Buku dibaca, dunia akan terbuka,” ungkap bupati ketika memberikan sambutan dalam acara penyerahan bantuan komputer pada Perpusdes di Ruang lantai 3 Kantor Pemkab, Kamis (19/5).


Suasana baca, kata bupati juga harus diubah agar pengunjung bisa lebih senang dan berlama-lama di perpustakaan. Selanjutnya untuk lebih mengembangkan Perpusdes, perlu peranserta dari kepala desa dan camat yang lebih maksimal.


Camat dan kepala desa masing-masing harus banyak terlibat dan lebih mendukung lagi agar Perpusdes lebih maksimal,” ujar bupati.

Kepala Perpusda Lumajang, Sis Winarko mengatakan, sebelumnya pengurus Perpusdes yang mendapat bantuan telah mendapatkan pelatihan dan bimbingan. Hal ini dilakukan agar replikasi dari bantuan yang didapat bisa digunakan dengan maksimal.

Ketika Perpusdes sudah dilengkapi dengan perangkat komputer, kata Winarko diharap bisa tercipta Perpusdes berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sehingga Perpusdes lebih modern dan berkembang lebih baik lagi.

Sebelumnya pengurus Perpusdes telah mendapat bimbingan teknis dan pelatihan internet dasar,” ungkapnya ketika sambutan.

Saat ini di Lumajang, total ada 65 Perpusdes. Dalam pendiriannya, pemerintah telah membantu sejumlah buku dan rak. Selanjutnya diharap Perpusdes benar-benar menjadi pusat pembelajaran dari masyarakat. “Kita percaya semua Perpusdes akan maju,” ujarnya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top