Ad

Memo Timur Lumajang
10 May 2016

“Catatan Merah” RSUD dr. Haryoto

Posted by on 10 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang menilai pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haryoto masih kurang bagus. Dewan juga mencatat sejumlah poin lain terkait kekurangan yang dimilki RSUD dr. Haryoto.
H Agus Wicaksono


Dalam catatan yang dibacakan oleh Ketua DPRD Lumajang, H. Agus Wicaksono, S.Sos dalam Rapat Paripurna, Senin (9/5), di Gedung DPRD, disebutkan, banyak keluhan yang diterima dewan dari masyarakat terkait pelayanan RSUD dr. Haryoto. Pelayanan yang dimaksud baik secara administrasi dan medis.

Perlu ditingkatkan lagi pelayanan administrasi dan pelayanan medis bagi pasien,” ujarnya dalam Rapat Paripurna dengan Agenda Penyampaian Catatan Strategis Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2015.

6 OTD Datangi Zaenul, Korban Tewas Dibantai

Lebih detail ia jelaskan, keluhan yang dimaksud termasuk menyangkut masalah kebersihan, kenyaman, fasilitas, dan pelayanan tenaga medis. Terlebih bagi pasien yang kurang mampu atau pasien Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) yang sudah berganti KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Untuk masalah kebersihan, Agus Wicaksono mengatakan, RSUD dr. Haryoto masih kekurangan tenaga kebersihan. Hal ini berdampak pada kebersihan rumah sakit dan dinilai mengurangi performa rumah sakit.

Sebagai solusi, dewan menawarkan agar diadakan perekrutan untuk menambah tenaga kebersihan. Karena tenaga ini sangat dibutuhkan melihat kondisi seperti saat ini. “Bisa dipenuhi dengan kerjasama dengan pihak ketiga,” terang Agus Wicaksono.


Pada pelayanan medis, dewan menilai RSUD dr. Haryoto masih kekurangan dokter spesialis. Sehingga banyak pasien yang terpaksa dirujuk ke luar kota karena keterbatasan dokter yang berkompeten.

Tak jarang sehingga banyak masyarakat yang harus berobat ke luar kota,” tutur Agus Wicaksono.

Selain dokter, petugas rekam medis yang berkompeten juga perlu ditambah, karena perannya sangat vital untuk mecatat data pasien awal sebelum dilakukan tindakan. Karena saat ini petugas medis ada kebanyakan lulusan dari SMA/SMK. Sehingga dinilai memiliki keterbatasan dalam bidang administrasi medis.

Saat ini banyak ditempati lulusan SMA/SMK, tentunya memiliki keterbatasan,” urai Agus Wicaksono.

Terakhir, dewan menekankan pada aspek kenyamanan parkir. Kondisi parkir yang ada dinilai masih belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan penataan ulang dan perluasan parkir agar representatif dan nyaman bagi pengunjung.

Harus melakukan penataan ulang, lokasi parkir yang representatif dan nyaman bagi pengunjung,” tukas Agus Wicaksono.

Sementara Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag menyampaikan, catatan dari DPRD terkait RSUD. dr. Haryoto akan segera ditindaklanjuti. Ia merespon positif dan menilai catatan tersebut untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit yang lebih baik lagi.

Semua catatan strategis dari DPRD akan kita tanggapi dan ditindaklajuti,” ujar bupati pada sejumlah wartawan usai Rapat Paripurna. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top