Ad

Memo Timur Lumajang
13 May 2016

Dewan Soroti Proses Lelang Pembangunan

Posted by on 13 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang menyoroti proses lelang yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum. Pasalnya dari sekian rekanan yang memenangkan lelang, banyak mengalami permasalahan pekerjaan.


Penyebabnya, kata Kertua DPRD Lumajang, Agus Wicasono, karena saat proises lelang banyak rekanan yang saling menawar harga terendah bahkan hingga 25 persen tanpa menghitung spekulasi dengan tepat.

Korupsi Kemenag, Kejati Panggil 6 Saksi

Hasilnya, banyak pekerjaan yang tidak sesuai dengan yang ditentukan. Sehingga hasil pembanguan juga mudah mengalami kerusakan kembali, sehingga membutuhkan dana lagi untuk melakukan perbaikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Agus menekankan agar pemerintah bertindak tegas untuk menyelesaikan persoalan ini. Sanksi putus kontrak terhadap rekanan yang melanggar harus dilakukan. Pasalnya sistem denda masih belum memberikan efek jera.


Rekanan yang tidak sesuai langsung diputus kontrak saja, karena jika hanya denda tidak memberikan efek jera,” kata Agus.

Agus menjelaskan, pembangun merupakan suatu dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi, sosial, dan kecintaan lingkungan. Pembangunan juga memiliki peranan strategis dalam pengembangan daerah, sehingga harus dilakukan dengan sebaik-bainya.

Utamanya pembanguan jembatan dan jalan yang merupakan akses bagi masyarakat,” jelas Agus.

Agus mencontohkan, saat ini ada sejumlah proyek pekerjaan yang berhenti karena adanya putus kontrak dengan rekanan. Selain itu ada sejumlah pembangunan yang tidak sesuai dan harus dilakukan perbaikan lagi dan menjadi tanggungjawab rekanan,

Contohnya pembangunan air mancur di Alun-alun Lumajang yang masih belum sempurna,” pungkas Agus.

Menanggapi hal ini, salah satu rekanan dari Lumajang menyayangkan, banyak proyek yang dilelang yang dimenangkan oleh rekanan dari luar kota. Pemerintah seharusnya memerhatikan para rekanan dari Lumajang sendiri.

Selama ini rata-rata pemenang lelang dari Jember dan Jakarta,” ujar Priambodo, salah satu rekanan dari Lumajang. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top