Gladi Lapang Erupsi Gunung LemonganMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
14 Mei 2016

Gladi Lapang Erupsi Gunung Lemongan

Posted by on 14 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Persiapan Gladi Lapang, Badan Penaggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, akan mengimplementasikan rencana kontigensi yang telah difasilitasi oleh BPD propinsi Jawa Timur. Yaitu, tentang kerawanan erupsi gunung merapi Lemongan yang ada di wilayah Kecamatan Klakah.


Adapun maksud dan tujuan dilakukannya gladi lapang itu adalah, agar masyarakat yang tinggal di seputaran gunung merapi atau dekat dengan gunung merapi Lemongan bisa siaga manakala sewaktu-waktu terjadi erupsi. ”Selain SKPD terkait, perwakilan warga yang tinggal di seputaran gunung Lemongan juga kita ajak bicara,” ujar Kabid Kesiapsiagaan dan Kebencanaan Kantor BPBD Kabupaten Lumajang, Hendro Wahyono.

Kalau ada masalah tentang gunung merapi, tentunya sudah menjadi tugas dari pihak terkait. Namun dalam hal ini, pihaknya lebih condong tehadap dampak yang diakibatkan oleh erupsi gunung berapi tersebut. ”Intinya, kami lebih memberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak dari erupsi gunung berapi kepada warga yang tinggal di sepuataran gunung tersebut,” paparnya.

Sampah Numpuk, TNBTS Terapkan Denda Bagi Pendaki

Gladi Lapang ini kata Hendro, rencananya akan dilakukan pada tanggal 26 Mei 2016 mendatang selama 1 hari. Nantinya, kegiatan tersebut akan melibatkan beberapa elemen termasuk tokoh masyarakat, dinas terkait serta masyarakat setempat yang jumlahnya mencapai 600 orang. “Dalam acara itu semua akan mengambil peran,” terangnya.

Dijelaskan pula bahwa, kegiatan Gladi Lapang yang bertempat di gunung Lemongan yang terletak di wilayah Kecamatan Klakah itu sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. “Kami berharap, dalam pelaksanannya nanti berjalan lancar, aman dan selamat,” pungkasnya. (tri)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top