Gunakan Data Tahun 2011, Penyebab KIP Salah SasaranMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
31 Mei 2016

Gunakan Data Tahun 2011, Penyebab KIP Salah Sasaran

Posted by on 31 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Sejumlah Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lumajang ditemukan salah sasaran pada sejumlah penerima. Hal ini diduga, karena data warga yang tidak mampu yang berhak untuk mendapatkan KIP adalah data tahun 2011 silam dari Kementerian Sosial.
Abdul Khodir


PT. SAP selaku pihak pelaksana yang bertugas untuk menyalurkan KIP ketika dikonfirmasi, mengatakan jika tidak mengetahui banyak proses pendataan penerima. Pihaknya hanya bertugas menyalurkan bantuan sesuai data yang diberikan dari Kementerian Sosial.

Yang saya tahu datanya dari statistik tahun 2011, dari Lumajang yang diserahkan ke Kementerian,” ujar Jamal Abdullah Alkatiri pada Memo Timur, Senin (30/5).

Bawa Sajam dan Pil Koplo, Pemuda Bertato Ditangkap

Jamal menjelaskan, jika pihaknya menerima 45.162 KIP untuk disalurkan pada penerima sesuai data yang diberikan. Ia menyebutkan, bantuan yang diberikan untuk pemegang KIP adalah sebesar Rp 225 ribu bagi siswa SD dan Rp 400 ribu bagi siswa SMP. “Untuk siswa SMA 500 ribu lebih, saya lupa pastinya,” katanya.


Sementara Kepala Kantor Sosial, Abdul Khodir saat dikonfirmasi mengatakan, jika pihaknya tidak mengetahui permasalahan ini. Kantor Sosial juga tidak mendapat tugas untuk mengurusi KIP.

Untuk KIP, seperti apa bentuknya dan prosesnya, kami tidak tahu,” ujar Khodir saat dihubungi Memo Timur.

Sebelumnya, di Desa Jatigono Kecamatan Kunir, ditemukan sejumlah pemilik KIP yang seharusnya tak berhak menerima. Ada sejumlah pemilik KIP yang dirasa mampu secara ekonomi, lulus sekolah, dan sudah bekerja.

Sementara Dinas Pendididikan hanya diberikan tugas untuk menyampaikan pada semua kepala sekolah, agar siswanya yang dapat KIP untuk didata. Dinas Pendidikan juga tidak tahu persis proses di lapangan dalam pendistribusian KIP. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top