Harkitnas 2016, Tingkatkan Nasionalis Cinta Tanah AirMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
21 Mei 2016

Harkitnas 2016, Tingkatkan Nasionalis Cinta Tanah Air

Posted by on 21 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Setiap tanggal 20 Mei selalu diperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Dimana tepat 108 tahun yang lalu lahir organisasi Boedi Oetomo. Kelahiran organisasi di masa penjajahan kolonial Belanda itu dicetuskan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno sebagai Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 1948.


Sejumlah acara digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) untuk memperingati Harkitnas. Diantaranya ziarah ke Taman Makam Pahlawan ( TMP ) Kusuma Bangsa dan Upacara Harkitnas di Alun-alun Lumajang, Jum’at (20/5).

Bupati Drs. H. As’at Malik dan Wakil Bupati, dr. Buntaran serta jajaran Forkompimda berziarah ke TMP Kusuma Bangsa pada pukul 07.00 WIB. Selain itu, acara juga diikuti jajaran SKPD, PNS dan siswa-siswi tingkat SLTA.

Hamili Anak Tetangga, Pria Beristri Diringkus

Nampak bupati dan lainnya dengan saksama menambur bunga dan berdo’a kepada pahlawan yang telah membela negara. Sebelum meninggalkam TMP, bupati meletakkan karangan bunga di monumen. Selanjutnya rombongan bergegas ke Alun-alun Lumajang untuk mengikuti upacara.

Sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya, bupati mengatakan, jika dilihat dari titik awal Harkitnas tahun 1908, sangat jelas bahwa negara kita telah berproses lebih dari seratus tahun. Selama itu Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan.

Perubahan-perubahan itulah yang harus diwaspadai agar tetap menjaga konsistensi dan kesinambungan,” ujar bupati.


Hal ini dilakukan, kata bupati, dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pahlawan. Momentum Harkitnas harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Dalam menghadapi tantangan yang ada dengan terus menggelorakan rasa nasionalis cinta tanah air,” ungkapnya.

Harkitnas 2016 mengambil tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri, dan Berkarakter,“. Hal ini, tegas bupati dipandang penting karena untuk menunjukkan bahwa tantangan apapun yang dihadapi saat ini harus dijawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata. “Kerja nyata secara mandiri dan berkarakter,” pungkasnya.(cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top