Ad

Memo Timur Lumajang
24 May 2016

Lomba, Setelah Lakukan Olah TKP, Petugas Evakuasi Korban

Posted by on 24 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Begitu tiba, petugas langsung mengamankan lokasi dengan memasang garis polisi (polce line) pada seputaran tempat kejadian pemubunhan. Hal itu dimaksudkan, untuk memberi batas kepada warga agar tidak menggangu proses olah Tempat Kejadian Pekara (TKP). Setelah mengumpulkan semua barang-bukti (BB) milik koirban maupun pelaku yang tertingal, petugas mengevakuasi korban untuk dibawa ke Rumah Sakit.


Itulah sekelumit gambaran yang diperagakan oleh masing-masing anggota polsek se-wilayah Polres Lumajang pada lomba Tindakan Pertama pada Tempat Kejadian Perkara (TP-TKP) yang dilakukan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 23 sampai 25 Mei 2016 dalam rangka memperingati hari Bhayangkara yang Ke-70.

Selain lomba dan pertandingan olah raga, TP-TKP ini juga merupakan salah satu lomba yang juga dinilai untuk mendapatkan pemenang terbaik dalam melaksanakan tugas olah TKP,” ujar KBO Satreskrim Polres Lumajang, Iptu Sajito kepada Memo Timur di sela-sela lomba yang digelar di Mapolsek Kota Lumajang, Senin (23/5), siang.

Duel Carok, Pemuda Asal Desa Banyuputih Kidul Vs Desa Uranggantung

Adapun maksud dan tujuan digelarnya lomba TP-TKP itu, mengingatkan kembali kepada masing-masing anggota tentang bagaimana melakukan olah TKP yang benar dan profesional untuk menyamakan persepsi dan tugas di lapangan. “Dalam melakukan olah TKP itu, sebetulnya sudah ada Standart Operasional Prosedur (SOP) dalam setiap olah TKP,” paparnya.

Selain itu, tujuan dari lomba itu adalah untuk mencari petunjuk serta bukti-bukti di lapangan yang bisa mengarah kepada pelakunya. Jadi bisa kita asumsikan bahwasanya, untuk lomba TP-TKP kali ini adalah, saat melakukan olah TKP kejadian pencurian dengan kekerasan (curas). Yang mana, korban dibunuh oleh pelaku dengan menggunakan senjata tajam jenis celurit.

Dengan demikian, jajaran Kanit Reskrim yang ada di masing-masing Polsek bisa paham dan benardalam melakukan olah TKP ketika terjadi aksi curas,” harapnya. Untuk lomba kali ini diikuti oleh rayon tengah yang meliputi Polsek Kota, Polsek Sukodono, Polsek Tekung dan Sumbersuko.

Sebelumnya lanjut Iptu Sajito, lomba juga sudah dilakukan pada rayon utara yang meliputi Polsek Ranuyoso, Polsek Klakah, Polsek Randuagung, Polsek Kedungjajang. Untuk besok dan selanjutnya, akan dilakukan di masing-masing rayon.

Untuk rayon timur bertempat di Polsek Yosowilangun, rayon selatan di Polsek Pasirian. sedangkan untuk rayon barat, akan dilakukan di Polsek Senduro. “Intinya, lomba akan kami gelar selama tiga hari berturut-turut,” pungkasnya. (tri)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top