Masalah Administrasi Masih Jadi Kendala Pencairan ADDMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
18 Mei 2016

Masalah Administrasi Masih Jadi Kendala Pencairan ADD

Posted by on 18 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang, Dra. Hj. Nur Hidayati. M.Si. mengatakan, jika masalah adminitrasi masih menjadi permasalahan bagi semua desa untuk mencairkan dana desa. Seperti laporan yang diterima sejumlah desa masih belum bisa mencairkan dana tersebut.
Nur Hidayati


Hasil kunjungan Komisi A ke Dinas Penmberdayaan Masyarakat (DPM), juga menemukan adanya permasalahan pencairan ADD karena alasan administrasi. Nur Hidayati menyebutkan, setidaknya ada 5 item adminitrasi yang harus diselesaikan oleh desa.

Seperti APBDes, LPJ, dan lainnya harus diselesaikan sebagai syarat untuk pencairan ADD,” jelasnya pada wartawa saat ditemui di Kantor DPRD Luamjang, Senin (16/5).

Ibu dan Anak Jadi Sasaran Aksi Kawanan Rampok Bercadar

Namun katanya, meskipun ada sejumlah desa telah menyelesaikan administrasinya, tetap saja kesusahan dalam mencairkan ADD. Namun pihaknya telah mempelajari permasalahan ini agar bisa membantu desa untuk mencairkan ADD.

Ada juga desa yang sudah lengkap syaratnya, namun belum bisa dicairkan,”

Komisi A juga terus meminta pemerintah, khususnya DPM agar mencari solusi terkait hal ini. Karena hingga saat ini masih banyak perangkat desa yang belum menerima gaji karena dana yang belum bisa dicairkan.


Kita juga mendapat temuan di sejumlah desa ada operangkat desa yang belum digaji karena dana belum cair,” ungkapnya.

Hal ini disayangkan oleh Komisi A, karena dana tersebut menyangkut hajat orang banyak. “Karena perangkat di desa hingga RT/RW jumlahnya banyak, mereka juga perlu diperhatikan,” tegasnya.

Selain ini sudah memasuki bulan ke-5, artinya pencairan dana dianggap sangat terlambat. Hal ini dinilai menganngu proses berjalan pemerintahan di desa sehingga sejumlah program yang dibuat tidak bisa berjalan sebagimana mestinya. “Keterlambatan ini juga menanggu pemerintahan desa,” pungkasnya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top