Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira KartikaMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
30 Mei 2016

Pembukaan Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika

Posted by on 30 Mei 2016

Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Melalui Pramuka

Lumajang, Memo Timur_Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag membuka secara resmi Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Jajaran Korem 083/Baladhika Jaya Tahun 2016. Perkemahan digelar di Lapanagn Jaten Desa Kandang Tempus Kecamatan Senduro, Sabtu (28/5). Peserta perkemahan dari anggota pramuka di tingkat penegak dan pandega.


Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, perkemahan ini sebagai wadah kegiatan bagi anggota pramuka untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan. Dengan harapan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjujung tinggi nilai luhur bangsa. “Serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Dalam perkemahan ini, banyak diisi dengan kegiatan yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai. Kegiatan bisa dilakukan secara terorganisir, perorangan, maupun kelompok.

Kegiatan ini pada dasarnya merupakan implementasi dari program kegiatan kepramukaan di tingkat TNI Angkatan Darat,” jelas bupati.

Keikutsertaan TNI-AD dalam pembinaan kepramukaan adalah untuk membentuk generasi muda yang nasionalisme. Dikatakan, karena generasi muda-muda bukan hanya sebagai manusia cerdas yang menguasai ilmu namun juga tangguh pribadinya.

Untuk membentuk generasi muda yang luhur budi pekertinya serta rukun dan kompak, demi membangun Kabupaten Lumajang yang lebih baik,” ujar bupati.


Bupati berharap, pengalaman dan pengetahuan yang diterima oleh peserta pramuka bisa ditularkan pada para kader pramuka. Sehingga pembinaan terus berkelanjutan dan dapat menghasilkan kwalitas generasi muda yang bagus.

Generasi muda yang mampu berwawasan kebangsaan dan mampu menghadapi tantangan dan ancaman,” tegasnya.

Temukan KIP Salah Sasaran

Hal ini dikatakan, sesuai dengan Undang-Undang Gerakan Pramuka pasal 11, yang menyebutkan bahwa pendidikan pramuka termasuk dalam jalur pendidikan non formal. Sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan untuk membentuk karakter berakhlak mulia.

Gerakan pramuka untuk membentuk pribadi yang berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjujung tinggi nilai-nilai luhur, dan memiliki kecakapan hidup,” pungkas bupati. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top