Pemkab Fasilitasi Produk Lokal Agar Bersertifikat SNIMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
20 Mei 2016

Pemkab Fasilitasi Produk Lokal Agar Bersertifikat SNI

Posted by on 20 Mei 2016

Lumajang, Memo Timur_Sejumlah produk asli Lumajang akan dibantu pengurusan untuk mendapatkan label SNI (Standar Nasional Indonesia). Pemerintah akan memfasilitasi kepengurusan, utamanya produk unggulan untuk mendapatkan sertifikat SNI.
Agus Eko


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lumajang, Agus Eko mengatakan, sedikitnya ada 8 produk dari Lumajang akan difasilitasi pemerintah untuk mengurus sertifikat SNI. Produk tersebut semua merupakan makanan olahan.

Utamanya untuk keripik pisang, karena itu adalah makanan khas Lumajang,” kata Agus Eko pada wartawan, Kamis (19/5).

Baznas Segera Gelar Khitanan Massal

Hal ini dilakukan untuk mendukung produk lokal agar lenih berkembang dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Ditambah dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), produk harus ber-SNI jika ingin menjaring pasar di luar Luamajang.

Produk asli Lumajang yang berpotensi harus ber-SNI agar lebih berkembang dan bisa menjamah pasar yang lebih luas,” ujar Agus Eko.


Ia menegaskan, saat ini di Lumajang sedikit sekali produk yang sudah mendapat label SNI. Diantaranaya Genteng Rahayu di Kecamatan Kunir dan produk air mineral di Kecamatan Pasrujambe. “Harapannya lebih banyak lagi produk yang ber-SNI,” harapnya.

Khusus untuk Genteng Rahayu, Agus mengklaim, merupakan satu-satunya genteng yang sudah ber-SNI di Jawa Timur. Genteng Rahayu ukurannya lebih besar sesuai dengan standar daripada genteng biasanya.

Ukuran gentengnya sesuai dengan SNI, lebih besar dari biasanya,” jelas Agus.

Selain membantu kepengurusan SNI, pemerintah juga membantu pemasaran produk bisa dijual di luar daerah. Saat ini Genteng Rahayu masih belum berproduksi dalam jumlah banyak untuk bisa dijual ke daerah lain.

Ke depan, kita harap bisa dijual ke daerah lain juga,” pungkas Agus. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top