Ad

Memo Timur Lumajang
7 May 2016

Rowokangkung Masih Rawan Banjir

Posted by on 7 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Ketika hujan sewaktu-waktu mengguyur Kecamatan Rowokangkung dengan intensitas tinggi dan durasi lama, potensi banjir masih menghantui warga setempat. Sungai setempat yang tak mampu menampung debit air, akan meluap hingga menggenangi jalan dan pemukiman warga.
Drs. Masudi


Seperti pengalaman sebelumnya, ada 2 desa yang menjadi langganan banjir, yakni Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo. Sedikitnya ada 6 dusun dari 2 desa tersebut yang akan terdampak langsung.

Kepala Desa Siderejo, Heru Subiantoro mengatakan, bendungan yang tak mampu menampung air hujan dalam jumlah besar penyebab terjadinya banjir. Untuk itu ia berharap pemerintah segera melakukan normalisasi atau pembesaran bendungan agar mampu menampung debit air dalam jumlah besar.

Pemeras Bos Toko Sumber Ditangkap Polisi

Ketika hujan lebat dalam waktu cukup lama, pasti air suagai akan naik dan menggenangi jalan dan pemukiman. Seperti pada waktu lalu, ketika hujan mengguyur semalaman,” ujarnya.

Sekretaris Daerah, Drs. Masudi menanggapi, masalah banjir di Rowokangkung masih terus dicari jalan keluarnya. Ia mengatakan, penanganan antisipasi banjir sudah dilakukan berulang-ulang. Namun, masih belum teratasi dengan baik.

Terkait masalah banjir di wilayah Kecamatan Rowokangkung, kami bersama semua pihak terus mencarikan solusinya, agar banjir tidak lagi terjadi,” katanya.

Sementara Kepala Seksi Bagian Pengarian Dinas Pekerjaan Umum Lumajang, Gunawan untuk menangani hal tersebut, jalan satu-satunya dengan melakukan renovasi pada bendungan. Namun kendalanya, kewenangan bendungan berada di pihak pemerintah provinsi (Pemprov).


Pemerintah daerah (Pemda) tidak memiliki wewenang untuk melakukan pembangunan bendungan tersebut, agar mampu menampung debit air dalam jumlah besar,” terangnya.

Upaya yang bisa dilakukan pemerintah daerah, kata Gunawan adalah dengan melakukan komunikasi dengn Pemprov terkait masalah ini. Harus ada keputusan secepatnya agar permasalahan banjir di Rowokangkung tidak terjadi berlarut-larut.

Pengalaman sebelumnya, ketika terjadi banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penyedotan untuk mengurangi genangan air. Namun upaya ini dinilai tidak maksimal karena volume air yang cukup besar. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top