Ad

Memo Timur Lumajang
21 May 2016

Satpol PP Panggil Pemilik TV Kabel Bodong

Posted by on 21 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Saluran TV kabel di Lumajang kian hari jumlahnya semakin meningkat. Usaha ini terus berkembang. Namun sayangnya sejumlah pihak pemilik usaha TV kabel tidak melengkapi usahanya dengan perizinan sebagai legalitas.


Melihat kondisi seperti ini, pemerintah mulai melakukan penertiban terhadap TV kabel yang tidak berizin. Hal ini dilakukan sebelum semakin maraknya saluran TV kabel di masayarakat dari pengusaha yang tak mengantongi izin.

Di sisi lain, pemerintah dirugikan karena pajak usaha dari TV kabel yang seharusnya masuk tidak didapat. Hanya ada sejumlah pengusaha TV kabel di Lumajang yang mengantongi izin. Ada juga sejumlah usaha TV kabel kecil mendomplang perusahaan TV kabel yang berizin.

Reskoba Tangkap Yonatan, Pengedar Pil Koplo

Kamis (19/5), Satpol PP Lumajang memanggil sejumlah pengusaha TV kabel yang tak berizin. Kepala Satpol PP Lumajang, Basuni mengatakan, pemilik usaha TV kabel yang dipanggil dari Kecamatan Yosowilangun, Pasirian, Tempeh, Sukodono, dan Lumajang.

Mereka yang kita panggil, pemilik TV kabel yang berada di wilayah Yosowilangun, Pasirian, Tempeh, Sukodono, dan Lumajang,” ujar Basuni saat dihubungi Memo Timur, Jum’at (20/5).


Sebagai tindakan awal, Satpol PP hanya memberikan peringatan dan menghimbau pemilik TV kabel agar segera mengurusi izin. Dikatakan, izin yang dibuat juga harus khusus dan untuk di wilayah Kabupaten Lumajang.

Sebelumnya ada pengusaha TV kabel yang izin operasionalnya di Jember, namun beroperasi juga di Lumajang. Lalu kita suruh buat izin lagi yang khusus Lumajang,” ungkap Basuni.

Jika tidak mengindahkan peringatan ini, tegas Basuni, selanjutnya pihak Satpol PP akan melakukan tindakan yang lebih tegas lagi. Karena kegiatan mereka sudah ilegal dan merugikan pemerintah.

Saluran TV kabel sendiri sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Berlangganan, serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Berlangganan Melalui Satelit, Kabel, dan Terestrial. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top