Ad

Memo Timur Lumajang
20 May 2016

Sosialisasi Program Desa Berseri

Posted by on 20 May 2016


Tingkatkan Kapasitas Desa dalam Pelestarian Lingkungan

Lumajang, Memo Timur_Demi meningkatkan kelestarian lingkungan di tingkat desa/ kelurahan di Lumajang, pemerintah membuat Program Desa/ Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari). Hal ini dilakukan, karena desa/ kelurahan dinilai masih belum aktif dalam menggalakkan keletarian lingkungan.
Tutuk As’at


Lebih jelas, program yang dimaksud adalah untuk mewujudkan desa/ kelurahan yang ramah lingkungan, bersih, sehat, lestari, dan asri. Manfaatnya agar masyarakat tahan menghadapi perubahan iklim. Disamping itu, desa/ kelurahan adalah titik awal pembentukan kualitas manusia dalam mewujudkan dan terciptanya investasi pembangunan yang berkelanjutan.

Banyak taman di desa/ kelurahan yang dibuat oleh Tim Penggerak PKK namun tidak terawat dan banyak tumbuhan yang mati. Ke depan harus dihidupkan kembali,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Lumajang, Tutuk As’at dalam Sosialisasi Program Desa/ Keluarahn Berseri, di Gedung Panti PKK, Kamis (19/5).

Tutuk menjelaskan, ada sejumlah tujuan utama dari program ini, diantaranya untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa/ kelurahan dalam manajemen pelestarian lingkungan di wilayahnya. Selanjutnya membentuk kemandirian masyarakat desa/ kelurahan agar meningkat taraf hidupnya dengan menggunakan dan mengakses sumber daya alam secara arif dan bijaksana.

Tujuan lainnya adalah untuk menumbuh kembangkan kegiatan ekonomi berbasis potensi lokal, sosial, dan budayanya. Program ini juga untuk mewujudkan Kabupaten Lumajang Atib Berseri,” terangnya.

Untuk mensuskseskan program ini, kata Tutuk, semua pihak dilibatkan untuk mendukung kegiatan yang ada. Utamanya Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Desa/ Lurah, serta Tim Penggerak PKK sendiri.

Untuk kepala desa/ lurah, diharapkan membuat regulasi untuk menekankan pada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Bahkan untuk mempertegas regulasi agar dituangkan ke dalam Peraturan Desa (Perdes). “Kalau bisa kepala desa membuat Perdes yang khusus untuk mengatur kebersihan lingkungan,” ujar Tutuk.

Untuk menambah semangat desa/ kelurahan dalam menggalakkan program ini, pemerintah akan melakukan penilaian. Penilaian akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan provinsi. Desa yang ditetapkan sebagai desa berseri akan mendapatkan penghargaan.

Nanti akan dinilai, tapi kita harap setelah penilaian, program harus terus berlanjut, agar desa/ kelurahan terus berseri,” tukasnya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top