Ad

Memo Timur Lumajang
12 May 2016

Trasparansi, Laporan Pengelolaan Desa Dituangkan dalam Aplikasi SID

Posted by on 12 May 2016

Lumajang, Memo Timur_Dalam melakukan pendataan tentang potensi desa serta pengelolaan desa, perlu didata secara komplit atau terperinci serta tertata rapi. Namun jika dilakukan secara manual, kemungkinan tiap-tiap desa akan mengalami kesulitan.


Untuk mengatasi hal tersebut, Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) dibuat untuk mempermudah pendataan. Aplikasi ini berguna sebagai wadah bagi desa untuk menyusun data. Untuk sementara, aplikasi ini masih berbentuk desktop dan belum bisa diakses secara online.

Aplikasi ini wadah bagi desa untuk mendata potensi yang ada di desanya, serta memudahkan menyusun laporan,” kata Manajer Bappeda Jatim, Nurul usai memberikan pelatihan Aplikasi SID terhadap perangkat kecamatan, desa, serta Bagian Pemerintah Desa, Rabu (11/5), di Aula Hotel GM Lumajang.

Selingkuhi Istri Orang, Guru SD Digerebek Warga

Aplikasi ini nantinya, jelas Nurul, sebagai upaya untuk keterbukaan informasi publik tentang pengelolaan desa. Ditambah aplikasi ini dibuat agar informasi desa bisa lebih transparan dan komprehensif. Karena nanti semua warga bisa mengakses dan mengetahui laporan desa.

Jadi, aplikasi ini untuk keterbukaan informasi publik, sehingga laporan desa bisa transparan,” terangnya.

Untuk di Lumajang sendiri, sementara aplikasi ini akan diterapkan di 7 desa di 2 kecamatan. Untuk Kecamatan Pasirian di Desa Pasirian, Desa Kalibendo, Desa Gondoruso, dan Desa Condro. Sementar di Kecamatan Gucialit di Desa Pakel, Wonokerto, dan Desa Gucialit.


Sementara 7 desa di 2 kacamatan dulu, selanjutnya akan dilakukan di desa-desa lainnya,” ujar Nurul.

Pemberian pelatihan ini, kata Nurul, merupakan program dari KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) untuk meningkatkan pelayanan desa. Selanjutnya setelah database aplikasi tersebut banyak terisi, akan dikembangkan lagi ke sistem online.

Kalau datanya sudah banyak, nanti bisa dikembangkan ke online, jadi tidak terbalik, ketika dibuat online tapi tidak ada isinya,” ucapnya.

Aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengenalkan potensi yang dimiliki desa. Mengingat, kata Nurul, Lumajang memiliki potensi yang luar biasa. Ketika semua itu bisa terdata dengan rapi, pengelolaan dan perencanaan ke depan bisa dilakukan dengan mudah. “Ada banyak potensi lokal yang dimiliki Lumajang,” ucapnya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top