Ad

Memo Timur Lumajang
27 June 2016

Antipasi Aksi Kriminalitas dengan Patroli Sahur

Posted by on 27 June 2016

MemoTimur - Banyak cara dilakukan Polres Lumajang demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, utamanya di bulan ramadhan. Untuk mengantisipasi aksi kriminalitas, khususnya di waktu dini hari, Polres Lumajang melalui Sat Lantas melakukan giat patroli sahur.
www.memolumajang.com


Sambil menyelam minum air, giat yang dimulai pukul 2 hingga pukul setengah 4 pagi ini juga bertujuan untuk membangunkan masyarakat muslim untuk santap sahur. Sedikitnya 10 personel dikerahkan setiap giat ini.

Menggunakan pikap, kendaraan dinas kepolisian mereka berkeliling di jalan pemukiman warga sembari memainkan alat musik tradisional. Seperti kentongan, drum, dan wadah air mineral ukuran galon. Personel Sat Lantas memukulnya dengan berirama.
Bahkan kehadiran mereka juga menarik perhatian masyarakat, tak jarang ada warga masyarakat yang penasaran dan menyaksikan para personel memainkan alat musiknya. Ada juga warga yang bergabung untuk bersama-sama berpatroli.

Kanit Laka Lantas Sat Lantas Polres Lumajang, Ipda Joko Triono mengatakan, giat ini juga bertujuan untuk memantau arus lalu lintas. Khususnya jalur Surabaya-Jember dan jalur Lumajang-Malang. “Juga untuk membangunkan masyarakat muslim makan sahur,” ucapnya.


Tak hanya itu, kata Joko, melalui patroli sahur, sebagai langkah antisipasi adanya aksi kriminalitas yang lebih sering terjadi di waktu dini hari. Seperti pencurian hewan, pencurian motor, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian dengan pemberatan.

Ketika melakukan patroli sahur, sesekali personel juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat terhadap pengendara yang ditemui membawa kendaraan yang mencurigakan. “Khawatir kita kecolongan,” ujar Joko.

Joko berharap, melalui giat ini, Lumajang bisa aman dan angka kriminalitas bisa terus ditekan. Serta masyarakat menjadi tenang dan tentram dalam menjalankan ibah di bulan suci ramadhan ini. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top