Canangkan Kabupaten Layak Anak, Kasus Kekerasan NaikMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
22 Juni 2016

Canangkan Kabupaten Layak Anak, Kasus Kekerasan Naik

Posted by on 22 Juni 2016

MemoTimur - Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT-PPA) Lumajang, Tutuk As’at menyayangkan maraknya kasus kekerasan yang menimpa anak-anak. Hal ini tidak sesuai dengan pencanagan Kabupaten Layak anak yang sudah dicanangkan.
Tutuk as'at malik


“Tambah banyak kasus kekerasan seksual dan lainnya yang dapat merusak masa depan anak-anak,” ujarnya dalam Workshop Kabupaten Layak Anak di Gedung Panti PKK Pendopo Kabupaten, Selasa (21/6).

Tutuk mengatakan, sudah banyak laporan yang masuk terkait kekerasan yang menimpa anak-anak. Selama tahun 2016 saja hingga bulan Juni sudah tercatat belasan laporan yang masuk, termasuk soal kekerasan seksual.

Dengan kondisi seperti ini, Tutuk berharap ke depan pencanangan Kabupaten Layak anak bisa diwujudkan. Diantaranya dengan cara merangkul semua elemen, seperti organisasi kemasyarakatan agar Lumajang menjadi kabupaten yang benar-benar layak untuk anak.

Gadis Telanjang Ditemukan Membusuk di Kebun Tebu

“Kita cukup prihatin juga, karena anak-anak adalah generasi penerus, untuk menggatikan kita semua,” katanya.

Tutuk juga berharap semua lingkungan sekolah dan keluarga bisa menerapkan zona aman bagi anak-anak. Serta anak-anak dapat mendapatkan hak-hak yang seharusnya didapat seperti sarana rekereasi, kawasan tanpa rokok, dan hak partisipasi.

“Termasuk hak mendapatkan perlindungan dan tersedianya rumah aman,” ujar Tutuk.

Sementara Kepala Bappeda Lumajang, Ir. Nugroho mengatakan, anak-anak memang harus mendapatkan hak-haknya karena mereka adalah generasi masa depan yang panjang. Sedangakan saat ini marak kasus gizi buruk dan kasus pelecehan seksual terhadap anak.

Sebagai bentuk upaya, Ia beraharap kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan meningkatkan Sumber Daya Manusia pada para kepala sekolah dan puskesmas. Kerena mereka termasuk salah satu petugas yang mensukseskan Kabupaten Layak Anak.


“Diharapkan, kapasitas SDM, kepala sekolah dan kepala puskesmas bisa meningkat. Bisa sesuai dengan bidang tugasnya,” ujar Nugroho. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top