Ad

Memo Timur Lumajang
23 June 2016

Dosen Unbraw jadi Tersangka Baru Kasus Pasir?

Posted by on 23 June 2016

MemoTimur - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menetapkan satu tersangka baru dalam kasus pasir besi Lumajang. Kini tersangka ditahan di Rutan Kelas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo selama 20 hari, terhitung mulai tanggal 20 Juni hingga 9 Juli 2016.
Ahmad Taufik Hidayat, SH


Dari informasi yang berhasil dihimpun, tersangka baru adalah seorang Dosen Universitas Brawijaya Malang, Dr. Ir. Abdul Rahem Faqih. Penahanan dilakukan karena tersangka diduga terlibat melancarkan kegiatan pertambangan antara CV Lintas Sumberdaya Lestari, dengan PT Indo Minning Modern Sejahtera (IMMS).

Sementara Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Bagian Hukum, mengatakan, masih belum tahu informasi terkait adanya tersangka baru dan sudah dilakukan penahanan. Ini dikarenakan proses pengusutan sudah dilakukan oleh Kejati Jatim sejak awal 2014 lalu.

“Penyidikan ada di kejaksaan tinggi, jadi kita tidak tahu,” kata Kepala Bagian Hukum, Ahmad Taufik Hidayat pada sejumlah wartawan, Rabu (22/6).


Sementara ditanya terkait adanya indikasi pejabat Pemkab lainnya yang ikut terlibat dalam kasus Pasir Besi, Taufik mengatakan sampai saat ini masih belum ada pemberitahuan lanjut sejak dipanggilnya 33 pejabat pemkab untuk diperiksa sebagai saksi.
“Dulu ada 33 pejabat dipanggil, sebagai saksi untuk dimintai keterangan, namun kita tidak tahu. Pemberitahuan lanjut masih belum ada,” ungkapnya.

Penambangan pasir besi dari PT Indo Minning Modern Sejahtera (IMMS) selaku pemegang izin kuasa pertambangan yang beroperasi sejak 2010 hingga 2014 dan telah melanggar prosedur. Diduga negara dirugikan hingga mencapai Rp 80 miliar lebih. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top