Ad

Memo Timur Lumajang
9 June 2016

Gelombang Tinggi 3 Meter Terjang Tempursari

Posted by on 9 June 2016

Lumajang, Memo Timur_Gelombang pasang terus menerjang pesisir selatan Tempursari. Setelah sebelumnya gelombang pasang mengakibatkan jalan di Pantai Watugodeg putus, kini gelombang setinggi 3 meter terjang pesisir Pantai TPI, Rabu (8/6).


Air laut sampai ke pemukiman warga dan puluhan rumah terendam. Akibatnya ratusan warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kondisi pemukiman warga semakin parah karena air sungai Piri juga meluap karena debitnya naik setelah diguyur hujan deras.

Plt Kepala BPBD Lumajang, Hendro Wahyono mengatakan, sedikitnya 300 warga di 2 RT wilayah TPI Tempursari dan warga di Tempurejo Timur dan Bulurejo Timur harus mengungsi. Mereka terdiri dari perempuan, lansia (lanjut usia) dan anak-anak.

"Sedangkan untuk bapak-bapaknya tetap bertahan untuk mengamankan rumah dan warungnya," katanya.

Banjir ini, terjadi karena gelombang pasang yang terus terjadi disertai luapan air sungai yang debitnya meningkat akibat hujan. Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan awal.


"Sementara, kondisi gelombang pasang masih tetap tinggi. Maka kita tetap meminta warga untuk bertahan di pengungsian sementara waktu ke depan sampai situasi aman," ujar Hendro.

Dampak lainnya, kata Hendro adalah lahan pertanian warga yang turut terendam banjir, sehingga terancam gagal panen. Padahal di lahan itu telah ditanami padi yang berusia beberapa bulan.

Syamsul, warga TPI Tempursari mengatakan, bahwa kondisi banjir tempursari saat ini semakin parah karena luapan air sudah melampaui jembatan Kaligodek. Sehingga air terus menggenangi pemukiman warga dan mereka harus mengungsi ke rumah saudara.

"Air sudah tinggi, sehingga tidak mungkin bertahan di rumah. Banjir baru terjadi pagi tadi, dan warga panik untuk menyelamatkan diri serta harta bendanya," katanya.


Camat Tempursari, Sunarto saat dihubungi menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lumajang untuk menangani bencana banjir ini. "Saya cek sendiri, lapangan Desa Tegalrejo sudah tergenang banjir juga,” ujarnya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top