Ad

Memo Timur Lumajang
1 June 2016

Hilangkan Kebiasaan Merokok di Dalam Rumah

Posted by on 1 June 2016

Lumajang, Memo Timur_Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS), Puskesmas Kedungjajang bersama sejumlah pelajar menggelar aksi di Terminal minak Koncar, Kedungjajang, Selasa (31/5). Mereka mengingatkan bahaya rokok dan berharap asap rokok terus berkurang, serta menghibau agar tidak merokok di dalam rumah.


Bagi yang terlanjur merokok diharapkan bisa merokok di luar rumah saja. Sehingga tidak berdampak pada anggota keluarga lainnya. Apalagi bagi keluarga yang mempunyai balita,” kata Ivi Rejeki, petugas Sanitarian Puskesmas Kedungjajang.

Dalam aksinya, mereka menggunakan atribut unik dengan menggunakan berbagai macam kostum yang menarik perhatian warga sekitar. Ada yang menggunakan kostum pocong, ada yang membawa tandu, dan ada yang membawa gambar-gambar dari efek merokok.


Dari pantuan terlihat, anak-anak menghampiri warga dan sopir dengan menjelaskan bahwa hari tersebut adalah HTTS dan meminta untuk tidak merokok sehari saja. “Untuk hari ini saja kami mohon tidak merokok,” kata salah satu anak kepada seorang supir bus.

Semua orang yang ditemui itu pun mengikuti apa yang diminta oleh mereka. Setelah itu segerombolan anak itu memberikan leaflet dan permen untuk mengganti sebatang rokok yang dimatikan. Para warga yang ditemui itu mematikan rokoknya di sebuah wadah berisi pasir yang dibawa anak-anak tersebut.

Sekelompok anak tersebut berjumlah delapan orang disertai dengan dua pendamping dari puskesmas Kedungjajang. Mereka ternyata adalah kelompok pramuka Saka Bhakti Husada yang merupakan pramuka kesehatan binaan puskesmas kesehatan. “Dari anak-anak muda, remaja yang ingin punya kegiatan positif,” kata Ivi.


Kegiatan tersebut dimulai dari traffic light Wonorejo sampai dengan terminal minak koncar. Para supir bus dan orang-orang yang berada di dalam maupun di terminal mereka temui untuk diminta rokoknya. Kemudian diganti dengan permen dan leafleat. “Alhamdulillah semua orang mau mematikan rokoknya,” pungkas Ivi. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top