Ad

Memo Timur Lumajang
22 June 2016

Jalan Sama Istri, DPO Sawal Diciduk

Posted by on 22 June 2016

MemoTimur - Upaya pengungkapan Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Lumajang, terhadap aksi pencurian dengan pemberatan yang terjadi di rumah Saniyu (43), warga Desa Meleman, Kecamatan Yosowilangun, pada 15 Desember 2015, ternyata tidak sia-sia.
AKP Tinton Yudha Riambodo


Pasalnya, 1 dari 5 pelaku yang telah ditetapkan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Polres Lumajang, berhasil dibekuk oleh Sat Reskrim Polres Lumajang, di komplek pertokoan Plaza Lumajang, pada Senin (20/6), sekitar pukul 16.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Tinton Yudha Riambodo ketika di konfirmasi Memo Timur pada Selasa (21/6), di kantornya membenarkan, jika jajarannya telah berhasil membekuk 1 dari 5 pelaku curat Tempat Kejadian Perkara (TKP) Desa Meleman, Kecamatan Yosowilangun, 7 bulan yang lalu.

Pelaku bernama Sawal, ditangkap petugas di komplek pertokoan Plaza Lumajang, saat berjalan bersama istrinya. Awalnya, pelaku menolak untuk ditangkap. Setelah dijelaskan atas kasusnya, pelaku diam, petugaspun langsung memboyongnya ke Mapolres Lumajang.

Tim SAR Hentikan Sementara Pencarian Lionel

“Apakah pelaku ini mau berbelanja untuk kebutuhan menyambut lebaran Idul Fitri, kami kurang faham. Begitu tertangkap, pelaku langsung digelandang ke Mapolres untuk proses hukum selanjutnya,” tuturnya.

Setelah dilakukan proses pemeriksaan berjam-jam, akhirnya pelaku buka mulut dan mengakui semua perbuatannya. Tidak hanya itu, pelaku juga mengatakan jika komplotannya beranggotakan 5 orang, masing-masing bernama Muhamad bin Sanu (45), warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Rowokangkung, Muhamad Sahri alias Cong Mat bin Napi (52), warga Dusun Jati Arum, Desa Jatirejo, Kecamatan Kunir, Pendik (27), Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun.

Satu lagi pelaku bernama Sugeng Purnomo bin Buarsah (38), warga Desa/ Kecamatan Sumberbaru, Jember. Dari kelima pelaku ini kata Sawal, punya peran sendiri-sendiri, 2 pelaku bertugas untuk menguras harta benda milik korban, 2 pelaku lagi bertugas mengamankan korban, 1 pelaku lagi berjaga untuk memastikan situasi aman.

Usai mendengarkan keterangan pelaku, pihaknya bergerak cepat mencari keberadaan ke lima pelaku di rumahnya, Namun tidak mendapatkannya. Pencarian juga dilakukan di sejumlah tempat yang biasa menjadi tongkrongannya, pihaknya juga gagal menemukannya.

“Informasi terakhir yang kami terima dari anggota, keberadaan para pelaku sudah terpantau, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menangkapnya, mudah-mudahan anggota berhasil menangkapnya,” katanya.

Masih kata Kasat Reskrim AKP Tinton, kasus Curat ini terungkap, setelah penyelidikan yang dilakukan jajarannya selama 7 bulan lamanya, berhasil menemukan keberadaan salah satu barang milik korban. Usut punya usut, ternyata barang itu milik Sawal.


Berangkat dari petunjuk itulah, pihaknya terus bergerak cepat mencari keberadaan pelaku, dan berhasil dibekuk di komplek pertokoan Plaza kemarin sore itu. ”Pelaku bernama Sawal ini mengakui semua itu. Katanya, dia bersama komplotannya itu berhasil menguras harta benda milik korban, dengan masuk melalui jendela samping ruko, kemudian kabur lewat pintu belakang,” tegasnya.(cho)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top