Jalur Pantai Watugodeg Resmi DitutupMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
6 Juni 2016

Jalur Pantai Watugodeg Resmi Ditutup

Posted by on 6 Juni 2016

Lumajang, Memo Timur_Akses jalan di Pantai Watugodeg Kecamatan Tempursari yang mengalami kerusakan parah akibat abrasi, sempat diperbaiki melalui kerja bhakti yang digelar oler Pemkab Lumajang, Jum’at (3/5). Kerja bhakti dihadiri ratusan staf dari perwakilan semua SKPD dengan dibantu ratusan personil dari TNI dan Polri.
Hendro Wahyono


Penahan abrasi dibuat dari karung yang diisi pasir dan jumlahnya sekitar 800 sak dan dipasang sebagai penahan badan jalan. Namun kondisi badan jalan sudah semakin parah karena gelombang pasang masih terus terjadi hingga jalan sangat berbahaya dilalui.

Melihat kondisi seperti ini, akhirnya BPBD Lumajang secara resmi menutup jalur Pantai Watugodeg yang menghubungkan Kecamatan Pasirian dan Tempursari tersebut, Minggu (5/5). Dari laporan BPBD, abrasi kembali memutus badan jalan hingga motor maupun mobil tidak bisa melintas di jalur ini.

Polisi Ungkap Pembunuhan Nogosari, 6 Pelaku Diringkus

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Hendro Wahyono mengatakan, gelombang pasang terpantau masih tetap tinggi hingga mencapai 3 sampai 5 meter di pantai selatan. Sehingga hempasan ombak terus mengikis badan jalan.

"Untuk itu, kami juga menilai bahwa akses jalan di pantai Watugodeg ini sudah tidak layak lagi karena membahayakan,” ujarnya. Akibatnya, masyarakat yang akan menuju dan dari Kecamatan Tempursari harus menempuh jalur alternatif melalui Kecamatan Pronojiwo yang jarak tempuhnya lebih jauh.


Jalur yang dipilih, lanjut Hendro Wahyono, adalah melalui atas tebing yang merupakan akses jalan Desa yang melalui kawasan hutan di bawah pemangkuan Perhutani. Untuk kepentingan pemindahan jalur ini, BPBD Kabupaten Lumajang telah melakukan penjajakan dengan pihak Perhutani.

Sejauh ini, Pemkab Lumajang juga telah merencanakan untuk mengirimkan surat kepada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di Jakarta untuk mewujudkan opsi mengubah jalur di Pantai Watugodeg melalui atas tebing.

Wakil Bupati Lumajang, dr Buntaran Supriyanto, M.Kes mengatakan, tidak akan diperbaiki secara permanen dengan anggaran mencapai lebih dari Rp 2 miliar yang semula telah diajukan. "Kalau diperbaiki dengan anggaran sebesar itu dan percuma karena membahayakan, maka akan dibatalkan," katanya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top