Kantor Sosial Lumajang Belum Miliki LinpososMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
3 Juni 2016

Kantor Sosial Lumajang Belum Miliki Linposos

Posted by on 3 Juni 2016

Lumajang, Memo Timur_Hingga saat ini, Kantor Sosial Kabupaten Lumajang masih belum memiliki Lingkungan Pondok Sosial Sementara (Linposos) untuk menampung para Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) serta para Pekerja Sex Komersial (PSK) yang terjaring razia. Sehingga, setiap penanganan yang dilakukan oleh pihak Kantor Sosial, tidak bisa maksimal.


Demikian yang disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Rehabiltasi Sosial (RebSos) pada Kantor Sosial Lumajang, Sulikhati kepada Memo Timur, Kamis (2/6), siang kemarin. Diakui, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, pihaknya telah bekerjasama dengan Satpol PP Pemkab Lumajang untuk melakukan razia kepada para gepeng, anjal dan PSK.

Namun dalam setiap penanganannya, selalu tidak maksimal. Artinya, pihaknya tidak memilki wadah atau tempat penampungan bagi mereka yang kena razia. Seharusnya, setelah ditangkap mereka kemudian ditampung lalu diberikan pembinaan serta ketrampilan sesuai bakat yang dimiliki oleh masing-masing dari mereka. “Kalau kita tidak punya Linposos, ya muspro,” terang Sulikhati.

Sebab selama ini yang bisa pihaknya lakukan adalah, hanya menangkap dan mendata saja. Namun untuk tindak lanjut, pihaknya belum punya fasilitas. Padahal, agar mereka tidak kembali ke tempat asal sebagai pengemis, gelandangan atau PSK, mereka harus mendapat pembekalan serta ketrampilan khusus.

Untuk sementara, bagi anjal yang kita tangkap lalu kita data kemudian kita kirim ke Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur untuk mendapatkan pelatihan ketrampilan sesuai dengan bakat dan hobi yang mereka miliki. Begitu juga dengan para PSK yang terjaring razia,” terangnya.

Untuk itu pihaknya berharap, agar Pemerintah Kabupaten Lumajang segera mendirikan Linposos atau wadah bagi Anjal, Gepeng serta para PSK. Dengan demikian, maka setiap kali dilakukan razia pada mereka, penanganannya bisa maksimal tanpa harus mengirimkan ke Kantor Dinas Sosial Jawa Timur.

Arifin, Duda Tewas Dibantai Gerombolan OTD

Senada, juga disampaikan oleh Kasi Operasi dan penindakan pada Kantor Satpol PP Lumajang, Bambang Bigiyanto. Ia menambahkan, Linposos itu sangat perlu karena sebagai wadah atau sarana penanganan para Anjal, Gepeng dan PSK. “Memang dulu sempat akan dibangun, namun sampai sekarang belum terwujud,” pungkasnya. (tri)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top