Mahasiswa Kembangkan Desa Layak ManulaMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
18 Juni 2016

Mahasiswa Kembangkan Desa Layak Manula

Posted by on 18 Juni 2016

Lumajang, Memo Timur - Berkontribusi untuk masyarakat secara langsung bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Sekelompok mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) contohnya. Mereka melakukan aksi kecil, namun bermanfaat besar bagi para lanjut usia (lansia) di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono.

Melalui program kreatifitas mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat, mereka melakukan pengembangan Desa Layak Manula (Manusia Lanjut Usia) untuk pemenuhan hak lansia. Program ini diisi kegiatan yang bermanfaat bagi lansia, diantaranya mengaji, olahraga dan membaca atau disingkat MOM.
Siti Fadliyah, Ketua Kegiatan, mengatakan, kegiatan ini dipusatkan di Balai Desa setempat dan diikuti puluhan lansia di atas 50 tahun. Untuk program Mengaji dilakukan 2 kali dalam semiggu, sedangkan untuk olahraga dan membaca dilakukan setiap hari Minggu.

“Untuk mengaji saat hari Rabu dilaksanakan di rumah salah satu tokoh agama, yaitu Ibu Yuli yang sudah menjadi mitra dalam pelaksanaan mengaji,” ujarnya.

Fadliyah menjelaskan, program ini dibuat bersama 4 rekannya, Nur Aini, Nike Aditya, Wahidah dan Novitasari. Dengan latar belakang, mengingat jumlah penduduk yang menua terus menerus mengalami peningkatan. Sehingga program

pemberdayaan untuk lansia harus diintensifkan agar mereka tidak menjadi beban keluarga dan menimbulkan masalah serius.

Ngabuburit, Bocah SMP Tewas di Tepi Pantai

“Pada usia yang tidak lagi produktif, lansia masih bisa diberdayakan untuk bermanfaaat bagi orang lain,” ungkpanya.

Dengan program, lanjut Fadliyah, juga sebagai bentuk terimakasih atas perjuangan orang tua kepada kita yang mendidik dari waktu kecil. Di sisi lain untuk mengetahui tingkat pemenuhan hak lansia.

“Langkah ini juga dalam mengembangkan desa layak manula, sehingga haknya dapat terpenuhi yaitu dalam aspek keagamaan, pendidikan maupun kesehatan,” ungkapnya.

Pasang iklan Gratis..!! Hubungi 085204569300

Diharapkan, lansia yang telah mengikuti program ini dapat memiliki kemampuan dan pengetahuan membaca dan mengaji. Kemudian diharap mereka mampu mengontrol emosionalnya bisa diterapkan dan diminimalisir dengan mengaji. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top