Ad

Memo Timur Lumajang
15 June 2016

Pencarian Lionel Du Creaux Gunakan Bantuan Drone

Posted by on 15 June 2016

Lumajang, Memo Timur_Pencarian pendaki hilang di Gunung Semeru asal Swiss, Lionel Du Creaux yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan sudah memasuki hari ke-enam. Pencarian Lionel rencananya akan dilanjutkan melalui udara, Selasa (14/6).


Badan SAR Nasional (Basarnas) mendatangkan satu unit helikopter drone tanpa awak tipe UAV guna menyisir kawasan Gunung Semeru. Komandan Basarnas Surabaya Arifin, yang diperbantukan untuk pencarian mengatakan, helikopter drone tanpa awak itu masih dalam perjalanan dari Jakarta ke Surabaya.

"Hari ini juga akan dibawa ke Pos SAR Ranupani, Semeru untuk segera dioperasionalkan," katanya

Sekali beroperasi, drone berukuran cukup besar itu memiliki daya jelajah maksimal selama empat jam. Drone juga dilengkapi dengan kamera, video dan infra red untuk mendeteksi sasaran baik siang maupun malam.

Pendaki Asal Swiss Belum Ditemukan, Rencana Pencarian Gunakan Helicopter

Sedangkan untuk perkuatan pencarian udara menggunakan helikopter, sejauh ini dilaporkan tidak bisa dilakukan karena masih dalam perawatan. Sehingga Basarnas mengirimkan helikopter drone tanpa awak yang dinilai lebih taktis untuk mendeteksi kawasan Semeru.

Pencarian melalui udara ini, lanjut Arifin, tidak mengurangi jumlah personel pencarian melalui jalur darat. Titik pencarian tetap difokuskan di jurang dan ceruk punggungan gunung yang diidentifikasi sebagai lokasi tersesatnya Lionel Du Creaux.


Arifin berharap, dengan pencarian melalui jalur udara ini, keberadaan Lionel Du Creaux yang telah hilang sejak 10 hari lalu bisa segera ditemukan.

“Kita sangat berharap Lionel Du Creaux memiliki kemampuan survival yang baik dan menemukan sumber air. Dengan begitu, kemungkinan ditemukan dalam kondisi hidup sangat tinggi," katanya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top