Perpanjang Pencarian Lionel Du Creaux, Gunakan Drone Tetap NihilMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
17 Juni 2016

Perpanjang Pencarian Lionel Du Creaux, Gunakan Drone Tetap Nihil

Posted by on 17 Juni 2016

Lumajang, Memo Timur - Pencarian pendaki hilang asal Swiss di Gunung Semeru, Lionel Du Creaux juga dilakukan melalui udara. Bantuan pencarian menggunakan pesawat tanpa awak atau Drone yang dioperasikan oleh Basarnas.
Hendro Wahyono


Namun bantuan pencarian selama dua hari menggunakan Drone juga tak membuahkan hasil. Keberadaan Lionel masih sulit dilacak meskipun tanda-tanda keberadannya yang ditemukan oleh Tim SAR melalui jalur darat sebelumnya.

Keributan Depan Rumdin Kapolres, Oknum TNI Vs Polisi Berakhir Damai

Hingga hari ini, Kamis (16/6), sudah memasuki hari ke-12 hilangnya Lionel di Gunung Semeru. Sedangkan Tim SAR sendiri sudah melakukan pencarian selama 7 hari. Sesuai dengan Stadar Operasional Prosedur (SOP) pencarian maksimal dilakukan selama 7 hari.

Namun sesuai dengan permintaan Kedutaan Besar (Kedubes) Swiss di Indonesia, pencarian akan diperpanjang. Pencarian juga masih tetap dilakukan dari darat dengan perkuatan personil dalam jumlah tetap seperti hari sebelumnya.
"Open SAR yang dibatasi selama 7 hari, diputuskan diperpanjang atas permintaan Kedutaan Besar (Kedubes) Swiss di Indonesia," kata Plt Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Lumajang, Hendro Wahyono.

Ia mengatakan, area pencariannya masih tetap, untuk mengidentifikasi jejak di sekitar Blank 75, Gunung Boto, Ranu Kuning, air terjun Punuk dan Tempuk, kawasan Coban Tompe, Sumbermani, Watuklosot, Kalimati hingga Arcopodo. "Tapi sejauh ini penyisirannya tidak membuahkan hasil," paparnya.
 Pasang iklan Gratis..!! Hubungi 085204569300
Hendro menjelaskan, selain bantuan drone, Basarnas mengirimkan juga Spesial Grup berjumlah 10 personel untuk membantu upaya pencarian Lionel Du Creaux. Sementara drone disetting untuk dioperasionalkan menyisir lokasi-lokasi yang sulit dijangkau tim darat.

Sementara itu, Arifin, Komandan Basarnas Surabaya yang diperbantukan mengungkapkan, hari ini pencariannya tetap difokuskan di jurang dan cerug punggungan gunung yang diidentifikasi sebagai lokasi tersesatnya Lionel Du Creaux. Meski seluruh titik juga telah dicek personil SAR darat sejauh ini tidak ada hasilnya atau nihil.

"Jadi, selain pencarian lewat jalur darat ke lokasi yang diidentifikasi sebagai tempat tersesatnya survivor, akan diperkuat lagi pencariannya melalui jalur udara. Fokusnya ke lokasi-lokasi yang tidak tersentuh oleh jalur darat,” ucapnya. (cw)

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top