Ad

Memo Timur Lumajang
20 June 2016

Tim SAR Hentikan Sementara Pencarian Lionel

Posted by on 20 June 2016

Motim

Lumajang - Tim SAR Gabungan akhirnya menghentikan sementara pencarian pendaki asal Swiss yang hilang di Semeru. Lionel Du Creaux (26). Pencarian terakhir dilakukan pada hari Sabtu (18/6), setelah kembali dilakukan penyisiran ke sejumlah titik yang diidentifikasi keberadaan pendaki.


Sedangkan, Tim pencari udara dengan helikopter drone juga sempat melakukan pencarian ke titik-titik yang sama. Sehari sebelumnya, helikopter drone Basarnas tidak optimal melacak jejak Lionel dengan mengambil gambar udara. Ini disebabkan, visivility cuaca buruk karena kabut.

"Jadi pada Sabtu (18/6), seluruh potensi SAR ditarik turun ke pos Ranupani dan Tawonsongo," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang, Hendro Wahyono, Minggu (19/6).

Ngerumput, Rahmad Pulang Tanpa Kepala

Selanjutnya Tim SAR akan menunggu perintah lebih lanjut, apakah kegiatan SAR benar-benar dihentikan atau masih akan digerakkan lagi melakukan penyisiran. Ini dilakukan, karena kegiatan Open SAR sudah melalui perpanjangan atas permintaan keluarga dan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Swiss.

Hendro Wahyono mengatakan, seharusnya kegiatan Open SAR dilakukan sesuai SOP selama 7 hari. Meskipun Open SAR bisa diperpanjang, namun ada pembatasan waktu yang jelas. "Sebab ini menyangkut kondisi dan fisik Tim SAR juga. Kalau sudah melampaui 10 hari berada di atas gunung," kata dia.


Meski begitu, BPBD Kabupaten Lumajang memerintahkan personilnya untuk mematuhi kesepakatan yang ada. Karena ini tugas kemanusiaan untuk mencari survivor yang hilang di puncak Gunung Semeru.

"Apapun yang disepakati sesuai komando Basarnas, kami akan patuhi dan laksanakan,” kata Hendro.
Pasang Iklan, Hub WA: 085204569300
Sementara itu, perwakilan Kedubes Swiss di Indonesia dan Konsulat Kehormatannya di Surabaya juga dijadwalkan akan datang ke Semeru. Perwakilan resmi negara Swiss ini akan datang ke Pos SAR Ranupani guna melakukan koordinasi pencarian warga negaranya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top