Ad

Memo Timur Lumajang
3 June 2016

Tingkatkan Hasil Panen, Bagikan 151 Alsintan ke Poktan

Posted by on 3 June 2016

Lumajang, Memo Timur_Untuk meningkatkan hasil pertanian, Pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Lumajang kembali memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani. Kali ini ada 151 unit alsintan yang disalurkan.
ir Paiman


Kepala Dinas Pertanian, Ir. Paiman mengatakan, bantuan yang diserahkan yakni berupa 98 handtractor, 13 transplanter/ alat Tanam, 20 pompa air, dan 20 alat panen mini. Semua bantuan akan diberikan kepada 151 kelompok tani di Lumajang.

Alat ini sudah dihibahkan langsung pada kelompok tani di Lumajang,” ucap Paiman ketika sambutan dalam acara sarasehan dan penyerahan bantuan alsintan, di Kantor Dinas Pertanian, Kamis (2/5).

36 M, Gaji ke-13 Cair Bulan Juni

Selain itu, dalam waktu dekat Dinas Pertanian akan kembali menyalurkan bantuan 251 handsprayer atau alat semprot punggung. Sedangkan di tahun 2015 sendiri total ada 260 unit alsintan yang telah disalurkan.

Sungguh fantastis jumlah alat yang telah dihibahkan oleh pemerintah pusat dan provinsi pada kelompok tani kita semua,” kata Paiman.

Paiman berharap, dengan adanya bantuan ini, para petani lebih giat lagi dalam bekerja serta berkomitmen dalam mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan jumlah produksi pangan. “Sehingga tidak ada alasan bagi para petani untuk tidak bekerja lebih maksimal,” ucapnya.


Paiman juga meminta para petani untuk terus menjalankan program Sigarpun Bulat (Aksi Gerakan Pemupukan Organik dan Benih Unggul Bersertifikat). Sehingga dengan ditambah bantuan alat, program Upaya Khusus (Upsus) dalam peningkatan hasil komoditi jagung, padi, dan kedelai ikut tercapai.

Namun Paiman menegaskan, jika saat ini Lumajang sudah terbilang sukses dalam peningkatan produksi pangan. Bahkan meskipun secara keseluruhan jawa Timur mengalami penurunan, produksi pangan, Lumajang tetap meningkat. Hal ini, menurutnya, tak luput dari kerjasama dan sinergitas dengan Kodim 0821.

Aktiftas pertanian bersama-sama TNI Kodim 0821 sudah optimal” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, dr. Buntaran, berharap para kelompok tani terus kompak sehingga hasil pekerjaan lebih maksimal. Karena ketika kelompok tani bersatu dan solid,menurutnya akan lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan.

Sudah pakem harus berkelompok, kalau sendiri-sendiri tidak maksimal," ucap Buntaran di kesempatan yang sama.

Ia berharap, bantuan alat yang sudah diberikan digunakan sebaik-baiknya serta dijaga dengan hatin-hati. Alat ini diharap mampu membantu dalam mensejahterakan para petani dan meningkatkan produksi pangan.

Pemerintah sudah memberikan bantuan, tugasnya kelompk tani adalah menggunakan alat ini dengan benar,” pungkasnya.

Brigjen TNI, Agus Heru Prasetyo selaku Ketua Tim Sergap Jatim menambahkan, dengan adanya penyuluhan yang telah diberikan oleh Dinas Pertanian serta para anggota TNI, berharap diterapkan dengan maksimal oleh petani. Sehingga hasil panen bisa meningkat dan mampu mencukupi kebutuhan pangan nasional.

Semoga hasilnya lebih maksimal, dan tak hanya untuk mencukupi Lumajang saja, namun dikirim ke luar daerah juga melalui Bulog,” ujarnya. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top