Ad

Memo Timur Lumajang
10 June 2016

Turis Asal Swiss Hilang di Gunung Semeru

Posted by on 10 June 2016

Lumajang, Memo Timur_Pendaki asal Negara Swiss, Lionel Du Dreaux (26), dilaporkan hilang di Gunung Semeru. Ia dilaporkan hilang oleh rekannya, Alice Guignard asal Negara Perancis yang berangkat mendaki bersama sejak Juma't (3/6).


Informasi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), upaya pencarian terus dilakukan oleh Tim SAR gabungan yang berjumlah sekitar 50 orang. Pencarian difokuskan di Blank 75 karena telah ditemukan jejak dan patahan ranting pohon.

"Selain dari Kalimati, penyisiran juga dilakukan melaui Tawon Songo," ujar Kepala TNBTS Jhon Kenedy, Kamis (9/6).

Kronologi kejadian, Lionel dan Alice mendaki bersama dari Ranupani. Keduanya terpisah di Watugede lantaran Alice tak mampu melanjutkan perjalanan. Lionel melanjutkan ke puncak, sementara Alice memutuskan kembali ke Kalimati.

Jalur Pantai Watugodeg Resmi Ditutup

Namun sayangnya, Alice yang salah jalur, akhirnya tersesat di darah menuju Arcopodo selama 2 malam. Hingga pada Senin (6/5), pukul 10 malam, ia ditemukan oleh Tim Haspala Malang karena mendengar teriakan minta tolong.

Kemudian Alice dibawa turun ke Kantor Resort Ranupani unutk memberikan keterangan dan melaporkan rekannya Lionel secara resmi. Keduanya melakukan pendakian tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan bisa dikatakan ilegal.

"Mereka melakukan pendakian tanpa ada pemberitahuan atau melapor ke pos, artinya ilegal," ujar Jhon Kenedy.


Hingga berita ini dinaikkan, pencarian masih terus dilakukan. Sementara pendakian ke Semeru resmi ditutup sementara, hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Dengan ditutupnya jalur pendakian untuk kepentingan Open SAR, maka seluruh pendaki yang masih beraktivitas di dalam kawasan langsung diperintahkan turun. "Yang jelas, jalur pendakian harus steril. Hanya personel SAR gabungan saja yang diperbolehkan masuk kawasan," pungkas Khon Kenedy. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top