80 Penderita Baru Terjangkit HIV/AIDSMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
18 Juli 2016

80 Penderita Baru Terjangkit HIV/AIDS

Posted by on 18 Juli 2016

Memo Timur - Jumlah penderita HIV/AIDS di Lumajang terus meningkat. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang hingga tahun 2016 ada sebanyak 80 penderita baru dinyatakan positif terjangkit virus tersebut.
http://www.memolumajang.com


Kepala Bidang Pemberantasan dan pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Sanitasi Dasar (P2MPSD), Agus Hadi Widodo mengatakan, jumlah penderita sebanyak itu merupakan akumulasi dari pendataan penyebaran penyakit HIV/AIDS sejak beberapa tahun terakhir.

"Penderitanya ada yang positif HIV, ada juga yang dinyatakan AIDS. Bahkan 3 diantaranya sudah meninggal dunia,” ujarnya.

Agus menjelaskan, penderita didominasi laki-laki usia produktif, yakni 25 sampai 40 tahunan dan menyebar di berbagai wilayah Kecamatan. Untuk penderita usia balita yang terpapar karena orangtuanya menderita HIV/AIDS belum ditemukan.

Pola penyebaran virus ini, kata Agus, dominan akibat hubungan seks menyimpang di luar nikah. Bisa dilakukan di prostitusi maupun yang lainnya. Penyebab lainnya, hubungan seks sesama jenis dan penggunaan narkoba dengan menggunakan jarum suntik secara bergantian.

"Virus ini tidak hanya diderita warga yang berdomisili di Lumajang saja. Tapi ada juga warga Lumajang yang bekerja di luar daerah, bahkan luar negeri yang dinyatakan positif HIV/AIDS," katanya.

Para pekerja dari luar daerah ini kemudian kembali ke Lumajang dalam kondisi telah dinyatakan positif terpapar penyakit yang belum ada obat penyembuhannya itu. Ketika kembali inilah, tim medis dari pelayanan kesehatan di Lumajang mendeteksi yang bersangkutan menderita penyakit itu. (cw)

Baca:

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top