Ad

Memo Timur Lumajang
15 July 2016

Abu Vulkanik Bromo Hujani Puncak B29

Posted by on 15 July 2016

Memo Timur - Semburan asap bercampur material vulkanik dari Gunung Bromo mulai berdampak di wilayah Lumajang. Dampaknya berupa hujan abu yang mulai mengguyur sejumlah desa di sejumlah Kecamatan di Kota Pisang ini, setelah angin menghembuskan asap tersebut ke arah timur laut.
http://www.memolumajang.com/


Hendro Wahyono, Plt Kepala BPBD Lumajang mengatakan, hujan abu ini mengguyur sejak pagi setelah semburan asap dari kawah Gunung Bromo dalam status erupsi mengarah ke timur laut. Dari pantauan BPBD, abu sudah mengguyur di obyek wisata puncak B29 yang terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro.

“Secara visual semburan asap hasil erupsi yang bercampur material vulkanik berada di ketinggian 1 kilometer. Dan dampaknya adalah guyuran hujan abu yang mengarah ke Desa Argosari, termasuk di obyek wisata puncak B-29," katanya.
Klik download Aplikasi Memo Timur
Padahal, obyek wisata B29 dipadati sekitar 700 lebih pengunjung dari berbagai daerah. Dalam kondisi itu, pihak aparatur Desa setempat bersama relawan bencana langsung melaporkan kepada BPBD Kabupaten Lumajang guna dilakukan tindakan agar wisatawan tidak terdampak efek buruknya.

"Setelah mendapatkan informasi itu, segera kami luncurkan personil TRC (Tim Reaksi Cepat) Bencana ke Desa Argosari dan Puncak B29,” lanjut Hendro.

Di sana, TRC membawa masker untuk dibagikan kepada warga dan pengunjung di lokasi obyek wisata tersebut. Satu persatu masyarakat suku tengger Desa Argosari dan wisatawan mendapatkan masker.

Menurut Hendro Wahyono, pembagian masker ini dilakukan karena hujan abu yang mengguyur juga cukup pekat. Kondisi itu sangat membahayakan bagi kesehatan warga dan para wisatawan yang memadati.


"Pembagian masker ini sebagai tindakan awal. Kami juga telah menyiapkan cadangan di Balai Desa Argosari yang bisa dipergunakan sewaktu-waktu," pungkasnya. (cw)

Baca:
  1. Selingkuhi Istri Orang, Guru SD Digerebek Warga

  2. Manfaat Lain dari Pasta Gigi untuk Obat 

  3. Remaja 14 Tahun, Setubuhi Bocah 4 Tahun

  4. Simpan Bongkahan Batu Akik Dalam Kulkas, Untuk Apa?  

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top