Ad

Memo Timur Lumajang
28 July 2016

Bupati Sebut ada 2 Sebab Gagal Raih Adipura 2016

Posted by on 28 July 2016

Memo Timur - Bupati Lumajang, Drs. H. As’at menyebutkan, ada 2 hal penyebab gagalnya Kabupaten Lumajang meraih penghargaan adipura 2016. Dua hal dimaksud karena masalah kerusakan lingkungan di pesisir selatan pasca tambang ilegal dan ada regulasi penilaian baru dari tim penilai adipura.
http://www.memolumajang.com


Sehingga dengan kegagalan ini, 2 tahun terakhir Lumajang gagal meraih penghargaan di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan tersebut. “Masih ada yang perlu dibenahi lagi,” Rabu (27/7).

Namun diluar peyebab kegagalan tersebut, kata Bupati, sebenarnya Lumajang sudah memiliki nilai yang sesuai standar dan masuk nominasi kota yang layak meraih penghargaan adipura. “Secara nilai sebenarnya Lumajang sudah layak meraih adipura,” lanjutnya. Ada Upaya Damai Sengketa Lahan SMPN 1 Sukodono

Dari hasil penilaian, Lumajang mendapatkan kenaikan nilai dari tahun sebelumnya meski selisihnya tak signifikan. Sementara dari perubahan regulasi penilaian, tim penilai lebih memberikan penghargaan pada kota yang memiliki peningkatan nilai dari tahun sebelumnya secara signifikan.

“Nilai kita naik dari tahun sebelumnya meski hanya nol koma sekian saja. Justru kota yang nilainya di bawah kita namun ada peningkatan nilai lebih dari 10, dapat penghargaan,” terang Bupati. Pendistribusian Dana CSR Harus Jelas

Sedangkan permasalahan kerusakan lingkungan di pesisir selatan, sudah menjadi catatan dari tim penilai adipura. Sehingga menjadi pertimbangan tersendiri untuk penetapan Lumajang meraih adipura.

“Ada permasalahan lingkungan di pesisir selatan yang menjadi catatan dan harus kita selesaikan,” tegasnya.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD Lumajang H. Agus Wicaksono mengatakan, pihak eksekutif harus lebih berbenah untuk memperbaiki lingkungan di Lumajang. Pasalnya Lumajang merupakan kota yang langganan meraih penghargaan adipura, namun 2 tahun terakhir gagal mempertahankannya. “Harus lebih berbenah,” tegasnya. Simpan 3 Poket Sabu Pemuda Lugu Masuk Bui

Di sisi lain, Agus meyebutkan, ada kemunduran dalam pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Diantaranya renovasi di sejumlah titik yang justru bisa dibilang lebih buruk dari sebelumnya.

“Contohnya pembangunan tugu adipura, tidak malah bagus namun tambah jelek. Seperti catnya kurang bagus,” ujarnya. Rakor Pemasangan CCTV

Meski gagal meraih penghargaan adipura, Lumajang sudah meraih sejumlah pernghargaan di bidang lingkungan hidup tahun ini. Diantaranya peringat 4 penghargaan Nirwasita Tantra tingkat nasional dan peringkat 3 penyusunan SLHD tingkat Jawa Timur. (cw)

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top