Bupati Serahkan Bantuan kepada Korban LongsorMemo Timur LumajangMemo Timur LumajangJujur, Cerdas, Berani
14 Juli 2016

Bupati Serahkan Bantuan kepada Korban Longsor

Posted by on 14 Juli 2016

MemoTimur - Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik mendatangi langsung lokasi bencana tanah longsor di Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo dan Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Rabu (13/7).
www.memolumajang.com


Kedatangan Bupati bersama dengan jajaran terkait seperti Dinas Kesehatan, Kantor Sosial, dan BPBD, untuk memberikan bantuan kepada korban yang terdampak. Seperti yang diberitakan sebelumnya, puluhan rumah mengalami kerusakan dan akses jalan sempat tertutup.

Ada 80 paket bantuan yang diserahkan, diantaranya berupa sembako, selimut, dan obat-obatan. Untuk rumah yang mengalami kerusakan, Bupati mengatakan akan dibantu perbaikannya. Sedangkan akses jalan yang sempat terputus, sudah ditangani oleh BPBD sehingga kembali normal.
Klik download Aplikasi Memo Timur
“Masih kita data secara detail kerusakan rumah warga, prosesnya tidak bisa cepat. Kemungkinan Jum’at depan sudah bisa diperbaiki,” ucap Bupati.

Bupati juga berpesan kepada warga setempat agar terus berhati-hati dan waspada tentang adanya potensi tanah longsor. Ia juga meminta kepada warga agar banyak menanam pohon yang bisa menahan tanah. Pasalnya di daerah longsor saat ini minim pohon, sehingga rawan terjaadi longsor.

“Di sini sudah sering terjadi longsor, bahkan hampir tiap tahun. Untuk itu perlu dilakukan penanaman untuk mencegah longsor. Apalagi ketika cuaca ekstrim, sangat rawan terjadi longsor,” ungkap Bupati.

Bupati mengatkan, selain di Tempursari dan Pronojiwo masih ada sejumlah kecamatan di Lumajang yang rawan longsor, diantaranya di Kecamatan Gucialit, Senduro, Candipuro, Tempeh, dan Yosowilangun.

“Ada sejumlah kecamatan lain yang juga masih rawan longsor. Untuk itu pencegahan dan kewaspadaan terus diupayakan,” pungkasnya.

Plt Kepala BPBD Lumajang, Hendro Wahyono mengatakan, untuk penanganan tanah longsor saat ini saat masih trus dilakukan. Pembersihan longsor dilakukan hingga selesai, termasuk membantu dalam perbaikan. Sementara untuk akses jalan, semua sudah selesai ditangani.

“Penanganan terus dilakukan, untuk jalan sendiri sudah ditangani sehingga akses jalan kembali lancar,” ujarnya.

Semantara Kepala Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo, Markodi, mengatakan masyarakat resah karena terus dihantui adanya tanah longsor ketika terjadi hujan yang lebat. Ia menjelaskan, ada 5 RT yang saat ini rawan terjadi longsor.

“Di sini wilayah terpencil, masyarakat resah ketika terjadi hujan lebat karena rawan longsor. Sering terjadi bencana,” pungkasnya. (cw)

Baca:
  1. Mantan Anggota DPRD Lumajang Ditahan 

  2. Sukses karena Terpaksa 

  3. Teler Berduaan, Pacar Dijerat Kain Hingga Tewas 

  4. Tutupi Uban dengan Semir Hitam dari Kulit Kentang

0 Komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top