Ad

Memo Timur Lumajang
1 July 2016

Sosialisasi Fungsi Perdata dan TUN

Posted by on 1 July 2016

MemoTimur - Kejaksaan Negeri Lumajang mensosialisasikan Fungsi Perdata dan TUN (Tata Usaha Negara) pada Pemerintah Kabupaten Lumajang, Rabu (29/6) sore. Kegiatan ini diikuti sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat.
http://www.memolumajang.com/


Kepala Kejaksaan Negeri Lumajang, Teuku Muzafar, SH, MH ketika memberikan materi, mengatakan, kegiatan ini dalam rangka meminimali kesalahan administrasi pemerintahan. Serta dalam upaya pemahaman peranan dari kejaksaan sebagai mitra kerja bagi pemerintahan. “Kejaksaan bertugas untuk memberikan pemahaman hukum,” katanya.

Menurut Muzafar, bahwa pemahaman hukum bagi para pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lumajang sangatlah penting. Terutama terkait tugas dan peran Kejaksaan dalam mendukung pembangunan pemerintah daerah.

Hal ini sesuai dengan instruksi dari Presiden, agar dalam proses penegakan hukum janganlah menghambat pembangunan, dan sebaliknya penegakan hukum harus mendukung pembangunan. Bisa dikatakan, penegakan hukum untuk membantu kelancaran proses pembangunan. “Sebab di Indonesia Hukum adalah panglima,” ujarnya.

Muzafar mengingatkan, agar Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini berjalan harus bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Lumajang. Ia menghimbau kepada pemerintah untuk menghapus Perda yang tidak efektif dan tidak bermanfaat.


Sementara Sekretaris Daerah (Sekda), Masudi dalam sambutannya, berharap, Kepala SKPD dan camat dapat menerapkan arahan yang telah didapat. “Karena kejaksaan juga akan memberikan bantuan hukum serta dapat melaksanakan pelayanan hukum kepada instansi pemerintah,” ujar Masudi.

Menurut Masudi, seluruh Kepala SKPD dan camat harus selalu melakukan koordinasi dengan kejaksaan terkait pemahaman hukum. “Rekan rekan SKPD dan Camat itu bisa melakukan koordinasi dan berkonsultasi dengan pihak kejaksaaan supaya terhindar dari masalah hukum,” pungkasnya. (cw)

Baca
  1. Dukung Branding Produk Lokal 

  2. Menulispun Dapat Rupiah Tanpa Iklan dan Tipu-Tipu dengan Blogger 

  3. Mantan Anggota DPRD Lumajang Ditahan

comments

0 Komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2016 Memo Timur Lumajang All Rights Reserved.
back to top