Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » » Dewan Soroti Rendahnya Serapan Anggaran 2016

Memo Timur - Rendahnya serapan anggaran Pemerintah Kabupaten Lumajang hingga triwulan kedua disoroti Dewan Prwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang. Ketua DPRD, H. Agus Wicaksono, S.Sos, mengatakan, hal ini disebabkan kinerja pelaksanaan kegiatan dan program dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 
http://www.memolumajang.com/


"Penyerapan anggaran pembangunan sampai Triwulan II ini, masih rendah. Baru sekitar 36 persen saja. Jadi beberapa SKPD terlambat, tidak sesuai dengan skedul yang telah ditetapkan,” katanya, Jum’at (19/8).

Pasalnya, kata Agus, skedul pelaksanaan kegiatan dan program itu sudah jelas. Semisal bulan ini melakukan program dan kegiatan apa, maka seharusnya hal itu dilaksanakan secara konsisten. Namun hal tersebut nyatanya banyak yang meleset. Dewan Soroti Rendahnya Serapan Anggaran 2016

Agus memaparkan, ketika dilakukan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Anggaran Sementara, yang selanjutnya dibreakdown dalam APBD dan rencana kerja anggaran, seluruhnya sudah ditetapkan skedul pelaksanaan kegiatan maupun programnya.

Untuk itu DPRD selaku fungsi pengawasan, melakukan pengawasan terhadap Perda. Baik itu Perda yang telah disepakati, terutama Perda APBD. Dan setiap tahun, sesuai amanat Undang-Undang, ada laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Warga Gelar Upacara Kemerdekaan di Sungai

“Di situlah kesempatan kita bersama-sama mengevaluasi, memperbaiki diri. Hal ini nanti juga akan kita evaluasi bersama-sama," katanya.

Agar pelaksanaan program dan kegiatan di Tahun Anggaran berikutnya, penyerapan anggaran bisa optimal. Optimal kata Agus, dalam arti, sesuai dengan skedul yang telah ditetapkan. Sehingga uang Rp 2 Trilyun lebih benar-benar berputar di masyarakat.

“Hasilnya bisa membangun perekonomian masyarakat,” pungkasnya. 2 Anggota Polres Positif Konsumsi Narkoba

Sementara Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag secara terpisah mengatakan, kondisi ini dikarenakan banyak kegiatan yang baru dilaksanakan pada pertengahan tahun, karena harus melalui beberapa proses terlebih dulu.

"Apalagi penyerapannya juga per termin seperti itu. Sehingga nanti pada Triwulan Ketiga penyerapannya akan maksimal," terangnya. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: