Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Head Line News

Peristiwa

Politik

Pemerintahan

Kriminal

Pendidikan

» » » » PDAM Miliki Hutang 33 Miliar

Memo Timur - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lumajang belakangan terus mengalami kerugian. Dengan kerugian ini mengakibatkan pundi-pundi hutang terus bertambah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyebutkan, hingga saat ini PDAM memiliki hutang sebesar 33 miliar lebih. 
http://www.memolumajang.com/


Bupati Lumajang, Drs. H. As’at Malik, M.Ag, saat Rapat Paripurna di Kantor DPRD Lumajang, menyampaikan dari jumlah tersebut terbagi atas hutang pokok sebesar 11,1 miliar dan ditambah hutang non pokok sebesar 22,2 miliar.

Namun hutang tersebut akan segera terhapus dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri. Dimana untuk memenuhi target penambahan 10 juta sambungan, maka PDAM dibebaskan dari kewajiban membayar laba bersih, yang cakupannya belum mencapai 80 persen dari jumlah penduduk kabupaten. Permohonan Penangguhan Penahanan Ninis Ditolak Kejati

“Selain hutang terlunasi, pemerintah pusat juga akan memberikan modal tambahan,” kata Bupati saat membacakan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 6 Raperda.

Selain dari pemerintah pusat, Pemkab sendiri juga berinisiatif memberikan penyertaan modal. Namun besarannya sesuai dengan kemampuan keuangan Pemkab. Hal tersebut akan diatur dalam Perda yang saat ini masih dibahas. Penerapan FDS di Lumajang, Bupati Ikuti Aturan Pusat

Upaya ini, kata Bupati, dalam ragka perbaikan kinerja PDAM untuk pencapaian target sasaran perusahaan dan percepatan pembangunan sistem penyediaan air minum di Lumajang. Pemkab menargetkan, untuk di Lumajang sendiri menargetkan ada 70 ribu pelanggan.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kualitas manajemen di PDAM akan dilakukan beberapa upaya. Diantaranya perekrutan direktur baru PDAM yang dilakukan secara transparan dan akuntabel. Lalu penyusunan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) dan pembinaan yang mnelibatkan SKPD terkait.

“Ditambah nantinya ada pengawasan dari inspektorat,” kata Bupati. Dishub Rencanakan Perubahan Jalur Bus

Sementara saat ini, kata Bupati, total modal yang dimiliki PDAM ada senilai 25,6 miliar. Dengan rincian, aset 12,8 miliar, modal dasar sebesar 11 miliar, dan modal yang berlegalitas ada 1,8 miliar. Tangkal Narkoba dengan Pramuka

Penyertaan modal dari pemkab juga bukan hanya untuk PDAM saja. Namun juga akan diberikan kepada perusahan daerah lainnya, seperti PD. Semeru. “Bukan hanya bagi PDAM saja, juga semua perusahaan daerah lainnya,” pungkas Bupati. (fit)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: